Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Maret 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 888 disebut-sebut akan menjadi barang langka karena keterbatasan produksi. Lalu bagaimana dengan nasib Xiaomi Mi 11 di Indonesia, apakah bakal jadi HP gaib nantinya?

Mengingat HP flagship dari Xiaomi ini juga menggunakan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm tersebut.

Menanggapi hal ini, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse memastikan kalau stok HP flagship baru mereka tetap aman.

"Kelangkaan chip semikonduktor ini memang dirasakan semua industri di dunia. Namun kami memastikan tetap menghadirkan yang terbaik untuk Mi Fans di Indonesia," kata Alvin Tse dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/3/2021).

Bos Xiaomi Indonesia ini memaparkan, krisis ini memang tidak hanya terjadi di industri smartphone, tetapi berlaku di bidang industri lain secara global. Saat ini, terangnya, banyak industri baru yang membutuhkan chipset.

Oleh karenanya, produsen chipset seperti Qualcomm memerlukan waktu tambahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Alvin Tse melanjutkan, ini juga menjadi tantangan bersama untuk semua pelaku industri.

"Sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM), kami memprioritaskan Snapdragon 888 untuk kebutuhan pasar Indonesia dan menyiapkan yang terbaik untuk konsumen," ungkapnya.

Xiaomi Mi 11. (Instagram/ xiaomi.indonesia)

Sebagaimana diketahui, Chief Executive Qualcomm, Cristiano Amon beberapa waktu lalu menyatakan permintaan chip lebih tinggi daripada jumlah pasokan yang ada. Hal ini lantaran banyak konsumen yang beralih ke perusahaan Android lain yang biasanya banyak menggunakan chip Qualcomm.

Krisis ketersediaan chip semikonduktor ini tidak hanya mempengaruhi Qualcomm dan produsen smartphone, tetapi mengganggu produksi konsol mobil dan video game.

Kondisi krisis chip semikonduktor berawal dari kebijakan lockdown selama pandemi Covid-19 membuat produksi barang menjadi lebih sedikit. Banyak juga konsumen yang membatasi pengeluarannya untuk belanja barang mewah.

Namun saat ini, penjualan sudah kembali pulih. Para produsen chipset pun harus berjuang untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Untuk mengatasinya, Qualcomm masih memprioritaskan produksi chipset andalannya dengan mengorbankan chipset kelas bawah atau di bawah dari seri 800.

Meski begitu, Qualcomm yakin masih bisa mengatasi kekurangan chip hingga kuartal kedua. Menurut laporan, Qualcomm akan memotong sebagian pengiriman smartphone dengan beberapa perusahaan merek besar karena kekurangan berbagai komponen pembuatan chip.

Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga turun tangan untuk membantu pendanaan senilai 37 miliar dolar AS atau Rp533,6 triliun. Bantuan ini akan diserahkan ke beberapa produsen chip, termasuk Qualcomm.

Chipset Qualcomm Snapdragon 888. (Xiaomi Indonesia)

Biden mungkin bisa membantu, namun prosesnya akan berjalan lambat. Dalam memproduksi chip, Qualcomm mendesain produk mereka dan melanjutkan produksinya ke luar negeri.

Artinya, mereka harus meneruskan pendanaan ke luar negeri untuk membuat pabrik baru yang menelan biaya miliaran.

Itulah tanggapan Xiaomi Indonesia pada kelangkaan chipset Snapdragon 888, dan menjanjikan kalau ketersediaan stok aman untuk Xiaomi Mi 11 di Tanah Air. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia