Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 07 April 2021 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tim Cook, telah menjabat sebagai CEO Apple menggantikan Steve Jobs sejak 15 Januari 2009 silam. Namun kini, diduga ia telah memberikan sinyal untuk mundur dari posisinya tersebut.

Sebelum menjabat pucuk pimpinan perusahaan asal Amerika Serikat ini, Tim Cook juga telah lama mengabdi ke Apple.

Masa pemerintahan pertama Cook sebagai eksekutif puncak Apple berlangsung selama 207 hari karena Jobs merasa cukup sehat untuk kembali ke Cupertino selama minggu ketiga Juni kala itu.

Jobs tetap berada di posisi CEO hingga 24 Agustus 2011 ketika dia memutuskan bahwa tidak dapat lagi melanjutkan pekerjaannya.

Sekali lagi Cook menggantikannya sebagai CEO dan menduduki posisi itu sejak saat itu. Pada 5 Oktober 2011, Jobs meninggal karena kanker.

Di bawah kepemimpinannya, Apple meningkatkan ukuran layar iPhone dari 3,5 inci menjadi 6,7 inci pada iPhone 12 Pro Max.

Dia menambahkan model "Plus" 5,5 inci yang lebih besar yang dimulai dengan seri iPhone 6 pada 2015 dan juga memimpin desain ulang besar-besaran dengan iPhone X, sebagai model terakhir memperkenalkan dunia ke ID Wajah dan takik (meskipun ini bukan handset pertama yang menggunakan model sport).

Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Tim Cook meluncurkan perangkat yang dapat dikenakan populer seperti AirPods dan Apple Watch.

Tentu, tidak semua perangkat menjadi hit. Ambil contoh speaker pintar HomePod yang ternyata merupakan barang penjualan.

Sejak Cook mengambil alih, kapitalisasi pasar Apple telah meningkat dari 350 miliar dolar AS menjadi 2 triliun AS.

Dalam edisi terbaru podcast "Sway" jurnalis teknologi Kara Swisher, dilansir laman Phonearena, Selasa (6/4/2021), Tim Cook berada di kursi panas.

Dia menjawab sejumlah pertanyaan, salah satunya adalah apakah dia akan tetap berada di Apple dalam sepuluh tahun.

Tanggapannya?

"10 tahun lagi, saya mungkin tidak. Tapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa saya merasa hebat sekarang. Dan tanggalnya belum terlihat. Tapi 10 tahun lagi adalah waktu yang lama dan mungkin bukan 10 tahun lagi," jawab Tim Cook.

Kabar baiknya adalah bahwa kepergian Cook dari Apple tampaknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tetapi terdengar seolah-olah ada orang lain yang akan menjadi CEO perusahaan sepuluh tahun dari sekarang.

Kembali pada 2019, Chief Operating Officer Jeff Williams adalah penerus yang mungkin cocok untuk Cook.

Seperti yang dilakukan Cook sebelum menjadi CEO, Williams bekerja dengan rantai pasokan Apple. Perangkat pertama adalah Apple Watch dan lebih dari sekali dia harus menghentikan pengembangan arloji untuk mengganti bahan yang digunakan.

Hal ini menyebabkan penundaan dalam rilis perangkat, tetapi itu adalah hal yang benar untuk dilakukan karena mencegah unit yang mungkin rusak jatuh ke tangan konsumen.

Jika Williams berada di baris berikutnya setelah Cook, tampaknya perusahaan akan tetap berada di tangan yang tepat. Tetapi Cook masih memiliki banyak waktu tersisa karena dia terus membentuk warisannya di Apple.

Itulah kabar sinyal mundurnya Tim Cook dari posisi CEO Apple yang diduga akan terjadi sebelum sepuluh tahun lagi. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Nggak Nyangka, Chipset Snapdragon 8 Gen 2 Ternyata Lebih Mahal dari A16 Bionic