Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 April 2021 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Firma riset pasar Canalys baru saja merilis laporan mengenai perkembangan smartphone global. Laporan juga memasukkan data pangsa pasar kuartal pertama 2021 di mana Samsung memimpin pasar HP pintar dan Apple berada di posisi kedua.

Xiaomi mencatatkan kinerja kuartalan terbaik dengan pengiriman melonjak 62 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan asal China itu mengirimkan 49 juta ponsel dan meraih pangsa pasar 14 persen secara global sehingga meraih posisi tiga besar. Dikutip dari Reuters bersumber data milik firma riset Canalys, penjualan smartphone global melonjak 27 persen menjadi 347 juta unit pada kuartal pertama 2021.

Lonjakan dipengaruhi ekonomi China yang mulai terbuka setelah pandemi dan disusul vaksinasi cepat di Amerika Serikat sehingga meningkatkan harapan pemulihan ekonomi global.

Samsung telah mengirimkan 76.5 juta smartphone atau HP pintar selama kuartal pertama 2021. Pabrikan asal Korea Selatan ini memimpin pangsa pasar sebesar 22 persen.

Data perkembangan smartphone global. (Canalys)

Perusahaan pada hari Kamis (29/04/2021) melaporkan lonjakan 66 persen laba kuartalan dalam bisnis seluler, berkat penjualan yang kuat dari seri smartphone Galaxy S21 andalannya.

Masih belum diketahui berapa total penjualan HP flagship mereka, namun itu berpengaruh kuat terhadap pangsa pasar Samsung. Di tempat kedua, ada Apple dengan pengiriman 52,4 juta unit smartphone sehingga meraih 15 persen pangsa pasar secara global.

Di posisi keempat dan kelima, terdapat Oppo serta Vivo dengan masing-masing pangsa pasar sebesar 11 persen dan 10 persen.

Pangsa pasar smartphone global pada kuartal pertama 2021. (Canalys)

Oppo tumbuh 60 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu sehingga mereka berhasil mengirimkan 37,6 juta smartphone. Pasar Vivo juga tumbuh 48 persen dengan mengirimkan 36 juta smartphone.

Huawei yang tetap terbelenggu oleh sanksi AS, harus rela terperosok di posisi ketujuh posisi ketujuh dengan pengiriman 18,6 juta unit smartphone.

Canalys sendiri mencatat bahwa penjualan iPhone 12 cukup memukau di China sementara varian iPhone 12 Mini masih di bawah ekspektasi. Dilihat dari data Canalys, pabrikan smartphone asal China mempunyai pertumbuhan tahunan yang signifikan dibandingkan Apple dan Samsung.

BACA SELANJUTNYA

4 Fitur Samsung Galaxy A25 5G untuk Menunjang Mabar Lebih Seru