Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 Mei 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Virtual Private Network atau VPN, menjadi marak jadi sorotan akhir-akhir ini. Namun apa itu VPN dan bagaimana cara kerja dan kegunaan VPN ini?

Maraknya pencurian data pribadi, ternyata juga meningkatkan perhatian pengguna internet pada aplikasi VPN.

Sejumlah aplikasi perpesanan maupun media sosial kerap dikhawatirkan bakal mencuri data pribadi penggunanya. VPN disebut-sebut sebagai solusi aman melindungi data pribadi tersebut.

Apakah hal itu benar? Simak dulu penjelasan apa itu VPN serta kegunaan VPN di bawah ini.

Apa itu VPN?

Dilansir dari sejumlah sumber, aplikasi VPN adalah perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya tersambung ke layanan internet secara pribadi.

VPN memberikan akses ke website secara aman dengan jalur koneksi melalui server dengan menyembunyikan jejak data pribadi pemakainya. VPN menjadi penghubung antara satu server dengan server lainnya di sebuah tempat yang memiliki jaringan internet.

Ilustrasi aplikasi VPN. (Pixabay)

Kegunaan VPN

VPN memiliki berbagai kegunaan. Terutama dalam melindungi data pribadi. VPN juga menutup akses histori atas jejak digital penggunanya sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses riwayat pengguna lain. Selain itu, pengguna VPN juga akan terbebas dari pembatasan pemakaian data internet.

Kegunaan lainnya data pengguna yang tertinggal di dunia digital akan dienkripsi atau diberi kode khusus supaya tidak mudah diduplikasi orang lain. Aplikasi VPN akan mengamankan informasi pribadi dengan pemakaian nama anonim.

Perangkat ini akan menyembunyikan tempat keberadaan pengguna internet secara real time. Lokasi yang terdeteksi hanyalah lokasi server VPN yang sedang digunakan. Dengan demikian, VPN akan mengaburkan batasan geografis bagi para pemakainya.

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN adalah dengan melakukan enkripsi atau pengkodean data sebelum jaringan internet publik membacanya. Ketika pengguna terhubung dengan internet lewat VPN, itu artinya sama saja dengan mengakses internet lewat jaringan khusus sehingga tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Server VPN berfungsi untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses.

Sejumlah pengguna internet masih bertanya-tanya apakah VPN aman saat digunakan. Setiap penyedia VPN memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda tergantung kapasitas teknologi dan aturan hukum yang mengikat layanan VPN tersebut. Namun, dapat dipastikan bahwa VPN merupakan layanan yang legal.

Kedua faktor tersebut, yakni teknologi dan hukum, menuntut pengguna internet bersikap bijaksana dalam menentukan layanan VPN yang akan digunakan. Pastikan membaca semua peraturan sebelum memutuskan untuk menggunakan VPN.

Itulah penjelasan apa itu VPN, cara kerja dan kegunaan VPN ini. Sekarang apakah kamu berminat menggunakan aplikasi VPN? (Suara.com/ Nadia Lutfiana Mawarni).

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Amankan Data Pribadi dalam Transaksi Keuangan Digital