Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 01 Juni 2021 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Walaupun berbagai produknya kerap bersaing, Samsung telah lama menjadi pemasok panel untuk layar utama deretan produk besutan Apple. Terbaru, Samsung kini dilaporkan tengah memulai produksi panel untuk iPhone 13 Pro.

Apple rupanya tidak hanya memesan panel untuk iPhone 13 series dari Samsung. Perusahaan teknologi ini juga memesan sejumlah panel dari keluarga LG untuk deretan perangkat anyarnya ini.

Dilansir dari GSM Arena, OLED LPTO dari Samsung yang lebih cepat dan hemat energi kemungkinan akan menjadi andalan Apple untuk iPhone 13 Pro.

Selain itu, perusahaan panel lainnya yaitu LG dan BOE akan memenuhi pesanan panel lainnya untuk iPhone 13 yang menggunakan layar OLED 13. LG Display diperkirakan akan menghadirkan sekitar 30 juta unit panel untuk keluarga Apple ini.

Sebagai informasi, iPhone 13 series kemungkinan akan meluncur dalam empat model lainnya. iPhone 13 Mini dengan layar 5,4 inci, iPhone 13 dengan layar 6,1 inci dan iPhone 13 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini dalam varian warna ungu. (Apple)

Panel OLED yang nantinya akan ada di varian Pro dan Pro Max menggunakan teknologi low temperature polycrystalline oxide atau LTPO thin film transistor atau TFT yang telah menjadi andalan Samsung sejak lama.

Teknologi LTPO pada layar membuat perangkat dapat mengatur refresh rate secara dinamis tergantung pada konten yang ditampilkan. Hal ini yang membuat perangkat menjadi lebih hemat daya.

Di sisi lain, panel OLED yang digarap LG untuk iPhone 13 Mini dan iPhone 13 akan membawa jenis low temperature polycrystalline silicon atau LTPS TFT yang memiliki refresh rate 60 Hz.

Usai mendapat pasokan panel dari Samsung, tidak dipungkiri jika perangkat iPhone 13 Pro bersama iPhone 13 Series akan diperkenalkan dalam waktu singkat. Sayangnya, Apple masih belum berbicara terkait hal ini.

BACA SELANJUTNYA

Fitur Smart Switch, Memudahkan Pindah Data Data Samsung Galaxy A15