Kamis, 20 Juni 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 25 Juni 2021 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Microsoft telah mengenalkan sistem operasi versi terbaru yaitu Windows 11. Perusahaan tersebut juga memberikan kejutan tambahan berupa hadirnya aplikasi Android di Windows 11.

Pengguna nantinya dapat mengakses aplikasi Android yang berjalan secara native di Windows 11 dari Microsoft Store melalui kemitraan dengan Amazon Appstore.

Dikutip dari The Verge, aplikasi Android di Windows 11 adalah jawaban untuk kemajuan Apple dengan chip M1 yang dapat menjalankan aplikasi iOS di macOS.

Meskipun ada banyak web yang setara dengan aplikasi seluler, mereka sering kali kurang populer di mata pengguna. Aplikasi tertentu seperti Snapchat, Ring, Venmo, Roomba, dan sebagian besar aplikasi lain tidak tersedia di web.

Microsoft mendemonstrasikan aplikasi seperti TikTok yang berjalan di Windows 11 pada Kamis (24/06/2021). Store anyar yang diperlihatkan Microsoft mencantumkan Ring, Yahoo, Uber, dan lainnya.

Aplikasi Android bisa berjalan di Windows 11 melalui Microsoft Store anyar. (Microsoft via The Verge)

Menurut laporan dari XDA Developer, Microsoft mengatakan bahwa mereka mengembangkan "Windows Subsystem for Android" (WSA) mirip dengan "Windows Subsystem for Linux" yang sudah ada di Windows.

Karena sebagian besar aplikasi Android dibuat untuk prosesor ARM, Microsoft bekerja dengan Intel dalam menggunakan teknologi Intel Bridge yang terakhir untuk menjalankan binari ARM pada PC Intel dan AMD.

Pengumuman mengejutkan ini mengikuti rencana awal Microsoft untuk membiarkan pengembang Windows mengerjakan ulang aplikasi Android mereka yang ada pada Windows pada tahun 2015.

Dinamakan sebagai Project Astoria, itu adalah metode untuk mencoba meyakinkan pengembang dalam mem-port aplikasi dan membuatnya lebih mudah untuk melakukannya.

Aplikasi Android di Windows 11. (Microsoft via The Verge)

Rencana tersebut akhirnya berantakan setelah berjalan kurang dari setahun. Microsoft saat itu mengakui bahwa memiliki "dua penghubung untuk membawa kode dari sistem operasi seluler ke Windows tidak diperlukan".

Namun Microsoft kini nampaknya bereksperimen dengan gagasan untuk mendaftarkan aplikasi Android di Store tepat sebelum peluncuran Windows 11.

Integrasi aplikasi Android langsung ke Windows 11 adalah perubahan yang signifikan, terutama karena perusahaan telah memilih fitur Your Phone sebagai metode untuk menjembatani kesenjangan antara Android dan Windows.

Microsoft telah menggunakan Android sebagai versi seluler Windows selama bertahun-tahun, dan sekarang aplikasi seluler yang sama akan berjalan langsung di Windows 11.

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Plan Indonesia dan Microsoft, Luncurkan Program AI TEACH for Indonesia