Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 02 Juli 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Buat kalian yang sedang mengincar HP baru di rentang Rp 4 jutaan, Samsung Galaxy M51 bisa menjadi pilihan menarik. Berikut ini review Samsung Galaxy M51 untuk penggunaan sehari-hari.

Samsung Galaxy M51 meluncur dengan menonjolkan nilai jual pada baterai yang dibawanya. Tak tanggung-tanggung, HP Samsung ini mengusung baterai 7.000 mAh dengan fitur fast charging 25 W.

Bukan hanya itu, layarnya juga cukup luas dengan adanya panel Super AMOLED Plus 6,7 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Perangkat ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 730G yang dipasangkan dengan RAM 6 GB atau RAM 8 GB (LPDDR4x) serta memori internal 128 GB.

Kamera primer di bagian belakang sudah dilengkapi dengan sensor Sony IMX682 64 megapiksel dan kamera depannya mengusung sensor Sony IMX616 32 MP.

Empat kamera belakang memiliki konfigurasi 64 MP (Primer, Sony IMX682) + 12 MP (Ultrawide) + 5 MP ( Macro) + 5 MP (Depth Sensor).

1. Spesifikasi Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51. (Samsung)

 

  • OS: Android 10 (tersedia upgrade ke Android 11), One UI 2.1
  • Chipset: Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Internal Memori: 128 GB
  • Layar: Super AMOLED 6.7 inci, 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio, 420 nits
  • Kamera utama: 64 MP, f/1.8 + 12 MP, f/2.2 + 5 MP, f/2.4 + 5 MP, f/2.4
  • Kamera depan: 32 MP, f/2.0
  • Baterai: 7.000 mAh
  • Konektivitas: USB Type-C, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, NFC
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Dimensi: 163.9 x 76.3 x 9.5 mm
  • Berat: 213 g
  • Warna: Celestial Black, Electric Blue

2. Desain dan Layar

Review Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Samsung Galaxy M51 mempunyai dimensi 163.9 x 76.3 x 9.5 mm. Ketebalan 9,5 milimeter dengan berat lebih dari 200 gram membuat perangkat ini lumayan jumbo dalam genggaman jika dibandingkan dengan pesaing di rentang harga Rp 4 jutaan.

Itu bisa dimaklumi mengingat perangkat mengusung baterai 7.000 mAh. Bagi pemakai celana jin cukup ketat, kalian perlu perjuangan tersendiri ketika mengantongi perangkat satu ini.

Bodi belakang yang nampak terbuat dari lapisan kaca serta kombinasi plastik membuat Samsung Galaxy M51 bahkan bisa digunakan untuk bercermin. Meski menggunakan lapisan kaca, namun perangkat tak licin sehingga masih nyaman untuk digenggam.

Namun kami menyoroti lapisan luar di bodi belakang yang cukup mudah meninggalkan bekas sidik jari dan rentan tergores. Layar Super AMOLED 6.7 inci membuat kami merasa nyaman saat menonton streaming film, bermain game, hingga browsing.

3. Performa

Tes benchmark dari Samsung Galaxy M51. Dari kiri ke kanan Geekbench, AnTuTu, dan 3D Mark Wild Life. (HiTekno.com)

 

Chipset Snapdragon 730G bersistem fabrikasi 8 nm yang menjadi dapur pacu sangat mumpuni dalam melibas beberapa game dan aplikasi favorit. Untuk tes performa, kami menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu (versi 9), Geekbench (versi 5), dan 3D Mark Wild Life.

Pengujian menggunakan AnTuTu (versi 9) menghasilkan skor sebesar 335.656 poin. Sementara tes single-core pada Geekbench menyentuh 539 poin, dan multi-core sebesar 1.726 poin.

Pengujian 3D Mark Wild Life menyentuh skor 999 poin. Sebagai catatan, pengujian ini dilakukan setelah perangkat melakukan update anyar pada versi Android 11.

Review Samsung Galaxy M51. Tes pengaturan gaming Mobile Legends dan Genshin Impact pada Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

Deretan tes pengujian di atas membuktikan bahwa performa Samsung Galaxy M51 cukup mumpuni di untuk HP di kelas mid-range.

Ketika digunakan bermain game, pengaturan grafik bahkan dapat rata kanan untuk Mobile Legends. Kami bisa memainkan game Mobile Legends dengan tampilan grafik ultra dengan nyaman dan tanpa kendala.

Pada PUBG Mobile, pengaturan grafik ada di HD dengan frame rate High. Samsung Galaxy M51 juga bisa digunakan untuk memainkan Genshin Impact.

Meski begitu, pengaturan grafik ada di Low untuk menampilkan performa smooth. Opsi grafik Medium bisa dilakukan tapi suhu perangkat langsung meningkat drastis dengan beberapa tampilan mengalami lag.

Karakter dapat berjalan cukup lancar tanpa adanya gangguan lag pada opsi grafik Low. HP mid-range yang sudah bisa memainkan Genshin Impact dengan lancar sudah tergolong bagus dalam perhitungan performa di kelasnya.

4. Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy M51. (Samsung)

 

Samsung Galaxy M51 mempunyai ketahanan baterai yang luar biasa. Baterai 7.000 mAh tak sekadar bahasa pemasaran namun itu benar-benar membuktikan kualitasnya.

Terkadang terdapat HP dengan mengusung baterai jumbo namun lebih mudah untuk terkuras dibandingkan kapasitas di bawahnya. Ini tak terjadi pada Samsung Galaxy M51.

Bagi kalian yang suka bermain game atau menggunakan media sosial dalam kategori menengah, Samsung Galaxy M51 bisa bertahan selama dua hari.

Review Samsung Galaxy M51. Ilustrasi perangkat saat digunakan untuk bermain game PUBG Mobile. (HiTekno.com)

Satu jam bermain Mobile Legends dengan pengaturan grafik tertinggi (Ultra) hanya menguras baterai sebanyak 8 persen. Pengaturan grafik medium bahkan hanya mengurangi sebesar 5 persen.

Itu berarti kalian bisa memainkan game MOBA lebih dari 5 jam tanpa perlu khawatir kehabisan baterai. Streaming film atau menonton YouTube selama satu jam hanya menguras baterai 3 persen saja.

Berdasarkan pengujian HiTekno.com, ponsel ini hanya memerlukan 50 menit untuk mengisi daya baterai jumbo dari habis sampai 50 persen. Untuk penuh 100 persen, dibutuhkan waktu 1 jam 50 menit.

5. Performa Kamera

Samsung Galaxy M51. (Samsung)

 

Tak hanya baterai, Samsung Galaxy M51 sebenarnya memiliki nilai tambah pada kamera belakangnya. Sensor Sony IMX682 Exmor RS pada bagian belakang menunjukkan performa bagus terutama pada pengambilan foto di luar ruangan. Sensor makro 5 MP juga bisa menghasilkan foto yang memukau.

Meski begitu, sensor kamera Samsung Galaxy M51 tak cukup maksimal ketika mengambil pemandangan dalam kondisi cahaya kurang. Beberapa detail nampak hilang ketika pengguna merekam foto saat kondisi cahaya rendah.

Berikut beberapa foto dari Samsung Galaxy M51:

Foto outdoor Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Foto outdoor wideangle Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Foto bokeh Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Foto makro Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Foto selfie Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

 

Foto malam Samsung Galaxy M51. (HiTekno.com)

6 Kesimpulan

Samsung Galaxy M51. (Samsung Indonesia)

Bagi kalian yang mempunyai budget Rp 4 jutaan dan mengincar HP dengan ketahanan baterai tinggi, Samsung Galaxy M51 bisa menjadi pilihan menarik. Saat pertama kali dikenalkan ke Indonesia, Samsung Galaxy M51 dibanderol Rp 5,5 juta.

Kini harganya mengalami penurunan cukup drastis di mana kalian dapat memboyongnya pada rentang Rp 4 jutaan. Harga Samsung Galaxy M51 dibanderol Rp 4,1 juta melalui Lazada.

Pantauan pada e-commerce lain seperti Shopee dan Bukalapak, perangkat dibanderol pada kisaran Rp 4 juta hingga Rp 4,2 Juta.

Harga Samsung Galaxy M51 di salah satu e-commerce. (Lazada)

Kami menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy M51 sangat cocok buat kalian yang enggan mengecas HP berulang kali. Calon konsumen yang menyukai traveling bisa meminang perangkat ini mengingat Samsung Galaxy M51 dapat menjadi teman dalam perjalanan berkat baterai 7.000 mAh miliknya.

Samsung Galaxy M51 termasuk HP yang menawarkan fitur lengkap, baik untuk memenuhi kebutuhan gaming, fotografi di luar ruangan, hingga cukup nyaman dipakai untuk menonton streaming film.

Kelebihan

  • Baterai tahan lama
  • Foto outdoor berkualitas
  • Cocok buat penggemar fotografi makro mobile
  • Kualitas layar menawan untuk menonton film

Kekurangan

  • Bodi belakang mudah tergores dan meninggalkan sidik jari
  • HP agak tebal dengan bobot di atas rata-rata
  • Refresh rate layar masih standar (belum 90 Hz)

Itulah tadi review Samsung Galaxy M51 yang menawarkan performa baterai luar biasa, tertarik memboyong HP Samsung Rp 4 jutaan ini?

BACA SELANJUTNYA

Warna Baru Lebih Memukau, Samsung Galaxy A05s Light Violet Resmi Tiba