Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 05 Juli 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Blue Screen of Death (BSOD) selama ini dikenal sebagai layar error pada sistem operasi Windows. Namun untuk Windows 11, Microsoft mengganti warnanya tak lagi biru.

Pada seri barunya, Microsoft menggunakan warna hitam untuk layar error Windows 11 bukan lagi biru seperti sebelumnya.

Dilaporkan The Verge, Minggu (4/7/2021), ini menjadi perubahan besar pertama pada warna layar error atau BSOD yang dihadirkan Microsoft setelah 2012 silam.

Sebelumnya, Microsoft menambahkan wajah dengan emoji sedih atau :( di Windows 8 pada 2012.

Perubahan kembali dihadirkan Microsoft pada 2016 di mana sistem operasi ini menambahkan QR code di bawah emoji.

Windows 11. [Microsoft]

Microsoft sendiri memperkenalkan BSOD pada Windows 3.0. Tampilan ini ditujukan memperlihatkan adanya kesalahan pada hardware dan memori.

Dengan ini, Microsoft akan memperlihatkan kesalahan kernel aatau pemeriksaan bug kepada pengguna yang mencakup kumpulan data untuk menganalisis kesalahan sistem.

Kini Microsoft telah mengalihkan dari Blue menjadi Black Screen of Death di Windows 11. Seperti Windows 10, tampilannya masih identik dengan emoji sedih dan QR code.

Dalam versi preview Windows 11, Microsoft menyertakan BSOD dengan tampilan warna hijau, warna yang sama untuk build Windows Insider sejak 2016 lalu.

Belum diketahui alasan Microsoft mengubah warna biru menjadi hitam di tampilan BSOD tersebut.

Itulah penggantian layar error Windows 11 yang tidak lagi blue screen. Microsoft mengganti warna hitam pada sistem operasi baru tersebut. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Opera Luncurkan Browser Versi Baru, Usung Fitur ala Microsoft Edge