Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 11 Juli 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nokia telah melancarkan gugatan pada Oppo, hal ini dikarenakan perusahaan asal China tersebut dianggap telah melanggar beberapa paten.

Gugatan Nokia kepada Oppo ini telah didaftarkan di Eropa dan beberapa negara Asia, demikian diwartakan GSM Arena pada akhir pekan ini.

Nokia menuding Oppo telah melanggar hak paten terkait Standard Essential Patents (SEP) dan non-SEP, teknologi yang berkaitan dengan konektivitas, interface, dan keamanan.

Oppo dan Nokia pada 2018 lalu memang pernah menandatangani perjanjian lisensi teknologi. Tampaknya saat ini, kontrak atau perjanjian itu sudah kedaluwarsa.

"Kami sudah bernegosiasi dengan Oppo untuk memperpajang perjanjian lisensi paten, tetapi sayangnya mereka menolak tawaran kami," jelas Nokia dalam keterangan resminya.

Logo Oppo. (Oppo)

Nokia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menawarkan penyelesaian lain dan masih berharap bisa menyelesaikan masalah ini dengan Oppo dalam apa yang mereka sebut sebagai cara-cara yang membangun.

Oppo di sisi lain mengaku terkejut dengan gugatan Nokia, yang disebutnya tidak menghormati lisensi paten yang sesuai dengan asas keadilan, masuk akal, serta nondiskriminatif.

"Oppo menghormati dan melindungi hak kekayaan intelektual miliknya sendiri dan milik pihak ketiga serta berkomitmen pada praktik kerja sama yang baik terkait lisensi paten dalam industri," tegas Oppo.

Nokia sendiri merupakan salah satu perusahaan di industri telekomunikasi yang menguasai banyak hak paten terkait ponsel. Teknologi Nokia saat ini masih digunakan oleh raksasa dunia mulai dari Apple, Samsung, Lenovo, hingga BlackBerry.

Seperti apa kelanjutan kasus gugatan paten Nokia pada Oppo ini nanti? Tunggu perkembangan selanjutnya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia akan Luncurkan N73 Reborn? Atau Cuma HP Hoaks?