Rabu, 04 Agustus 2021
Agung Pratnyawan : Selasa, 20 Juli 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini cara menggunakan Google Meet di laptop yang bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Cukup mudah, dan berguna dalam beragam hal.

Di masa pandemi virus Corona seperti ini, aktivitas seperti bekerja dan sekolah harus dilakukan secara online. Layanan video conference pun kini banyak digunakan. Selain aplikasi Zoom, layanan lain yang juga cukup populer digunakan adalah Google Meet. Secara fungsi kedua layanan ini cukup serupa. Google Meet merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi video telekonferensi.

Layanan ini mampu menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi rapat virtual.  Menariknya, pengguna bisa menggunakan layanan Google Meet secara cuma-cuma baik melalui aplikasi desktop (PC/laptop) maupun mobile (smartphone). Syarat untuk menggunakan layanan ini pun mudah. Yaitu, pengguna cukup memiliki akun Google. Cara menggunakan Google Meet di Laptop cukup mudah.

Tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa langsung menggunakan jika sudah memiliki akun Google. Berikut cara menggunakan Google Meet di laptop yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Logo Google Meet. (Google)

1. Search Google Meet pada kolom pencarian

Untuk mendapatkan aplikasi ini maka kamu harus mencari Google Meet di pencarian Google. Secara langsung kamu akan diantarkan ke situs tersebut. Di sana ada beberapa menu yang bisa kamu gunakan sebelum memulai pertemuan.

2. Masuk akun atau buat akun

Cara menggunakan Google Meet di Laptop setelah kamu berada di dalam beranda. Cobalah untuk masuk menggunakan akun yang sudah dimiliki di Google Meet. Jika kamu belum pernah membuat akun maka bisa menggunakan semua akun yang terhubung ke Google.

3. Klik join atau start meeting

Cara menggunakan Google Meet di Laptop sebelum melakukan meeting Klik Join atau Start Meeting pada menu. Di sini kamu bisa mendapatkan meeting ID atau identitas untuk melakukan meeting. Secara langsung bisa mendapatkan password kemudian linknya.

4. Tuliskan judul pada meeting

Kamu bisa menambahkan judul pada meeting yang sedang atau akan dilakukan. Secara langsung judul tersebut bisa dilihat oleh para peserta meeting. Cara menggunakan Google Meet di Laptop ini adalah untuk memudahkan siapapun agar mengetahui siapa yang melakukan undangan meeting.

5. Berikan akses untuk izin mikrofon dan kamera

Cara menggunakan Google Meet di Laptop yang selanjutnya adalah melakukan setting pada mikrofon dan kamera. Kamu bisa melakukan cek pada kamera atau mikrofon jika memang sudah sesuai dengan settingan. Tanpa memberikan izin atau akses pada kedua bagian ini maka meeting tidak akan bisa berlangsung secara optimal.

Cara memulai Google Meet

1. Klik join now atau present

Untuk kamu yang menjadi host saat meeting maka bisa menekan tombol present. Artinya, kamu bisa memulai untuk melakukan meeting dan mengundang peserta lainnya. Bagikan link kemudian password untuk join meeting kepada peserta meeting lainnya.

Menu join now adalah cara menggunakan Google Meet di Laptop untuk bergabung dengan meeting yang telah dibuat atau berlangsung. Kamu akan mendapatkan link kemudian password untuk melakukan meeting. Ketika bergabung kamu akan berada dalam room dan bisa melakukan percakapan secara langsung.

2. Berikan link untuk join pada peserta lain

Jika kamu menjadi host dalam meeting maka bisa membagikan link kepada peserta lainnya. Secara langsung peserta akan masuk ke dalam room yang dibuat dan hanya perlu memasukan password.

Tips menggunakan Google Meet

Google Meet di laptop. (Google)

1. Pastikan koneksi jaringan yang kamu lancar

Hal penting yang wajib kamu lakukan adalah memastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar karena Google Meet memakan konsumsi data yang lumayan besar. Agar saat melakukan video antarmuka tidak terjadi lag, dan komunikasi pun tetap berjalan dengan baik coba gunakan WiFi bukan mobile network.

2. Carilah tempat yang tidak ramai

Perhatikan lingkungan sekitar kamu ketika akan memulai video call. Jangan memilih tempat yang ramai, cobalah untuk jauh dari kebisingan, misalnya saja di kamar. Jika memang sulit mencari tempat tersebut, solusinya kamu bisa gunakan headset agar tetap mendengar lawan bicara kamu saat menggunakan Google Meet.

3. Aktifkan fitur teks

Meski keunggulan dari Google Meet ini adalah video conference, kamu juga bisa mengetik pesan saat conference call itu berlangsung. Bukan hanya itu, fitur teks otomatis Meet juga berfungsi untuk menampilkan teks secara real-time (seperti subtitle di TV). Cukup dengan melihat di bagian bawah jendela Meet, aktifkan teks atau menonaktifkan teks.

4. Tampilkan presentasi secara realtime

Berbeda dengan aplikasi video conference lainnya, Google Meet bisa menampilkan presentasi secara langsung saat kamu sedang melakukan video conference. Caranya, lihat di pojok kanan bawah pada layar Google Meet, pilih “Presentasikan sekarang”. Kamu memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, presentasikan satu jendela saja.

Itulah cara menggunakan Google Meet di laptop secara gratis untuk video conference maupun rapat online.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

5 Rekomendasi Aplikasi Filter Foto Terbaik Agustus 2021