Kamis, 02 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 22 Juli 2021 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi telah mengungkapkan teknologi fast charging 200 W pada sebuah demo video yang beredar akhir Mei 2021. Sejak saat itu, kita menantikan kapan teknologi tersebut bakal tersedia secara komersial.

Dikutip dari GSMArena, bersumber laporan MyDrivers, bocoran terbaru mengklaim bahwa charger dengan teknologi pengisian daya 200 W siap memulai debutnya di perangkat konsumen pada tahun depan.

Sumber dari laporan tersebut memprediksi teknologi fast charging 200 W dapat diproduksi massal pada Juni 2022. Ini masih sebatas bocoran serta prediksi mengingat Xiaomi belum secara resmi mengumumkan terkait ketersediaannya.

Jika masih ingat, Xiaomi mengenalkan Mi 10 Ultra pada Agustus tahun lalu dengan kemampuan fast charging 120 W.

Teknologi yang diberi nama sebagai Mi Turbo Charge 120 W diklaim mampu mengisi mampu mengisi baterai 4.500 mAh hanya dalam 20 menit.

HyperCharge 200W. [Android Authority]

Xiaomi kemudian mengenalkan teknologi fast charging 200 W pada Mei 2021. Dalam channel YouTube Xiaomi, mereka mengetes kemampuan HyperCharge untuk ponsel dengan baterai 4.000 mAh.

HP ini tampil dalam keadaan mati dengan status baterai nol persen. Sesuai tampilan video, charger tersebut mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen hanya dalam waktu 3 menit. Bahkan pengisian penuh diklaim hanya membutuhkan waktu 8 menit.

Jika sudah mencapai tangan konsumen, pengisian daya selama 8 menit berkat fast charging 200 W tentu merupakan sebuah lompatan yang besar.

Baru-baru ini terungkap bahwa 800 siklus pengisian daya menggunakan teknologi tersebut akan menurunkan kesehatan baterai HP sebesar 20 persen.

Bocoran yang beredar memprediksi bahwa teknologi HyperCharge 200 W bisa datang dalam HP flagship Xiaomi. Salah satu spekulasi menyebutkan teknologi tersebut siap datang ke Xiaomi Mi 12 Ultra.

Kabar yang beredar di atas semakin menyuratkan bahwa berbagai produsen cukup berambisi dalam berlomba-lomba menghadirkan teknologi pengisian daya cepat. Pada Juni lalu, Infinix juga mengenalkan sebuah konsep perangkat dengan teknologi fast charging 160 W.

Infinix Concept Phone 2021 yang dibekali fitur fast charging 160 W diklaim mampu mengisi baterai 4.000 mAh dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 10 menit saja.

Cukup menarik menantikan apakah HyperCharge 200 W hanya ada di konsep atau bahkan dapat tersedia secara komersial seperti klaim bocoran di atas.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi 14 dan Jajaran Wearables Terbaru Resmi Dipasarkan