Jum'at, 27 Mei 2022
Agung Pratnyawan : Minggu, 25 Juli 2021 | 12:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa yang membuat semuah rumah menjadi Smart Home, bukan sekadar memasukkan beragam perangkat cerdas dan terhubung saja. MediaTek memberikan apa saja yang perli diperhatikan dalam sebuah rumah cerdas.

Perkembangan teknologi juga mendorong tumbuhnya peralatan cerdas. Mulai dari smart lock hingga smart oven. Perusahaan teknologi ini telah menyiadakan beragam dukungan para perangkat cerdas yang ada pada ragam perangkat terhubung untuk setiap ruangan di rumah.

Perangkat-perangkat terhubung ini mengotomatiskan tugas sehari-hari dan membuat hidup kita lebih mudah. Memantau sistem keamanan rumah, mematikan lampu, dan menyesuaikan termostat dapat dilakukan dengan nyaman dari smartphone, di mana pun kamu berada.

Mengubah rumah kamu menjadi smart home hanya semudah memasang voice assistant device (VAD) dan menghubungkannya ke smartphone kamu. Banyak penghuni rumah tidak hanya menggunakan satu perangkat, mereka berinvestasi ke beragam koleksi perangkat IoT untuk kemudahan baru seperti hiburan, belajar, bekerja, dan lain-lain.

Menurut survei yang dilakukan oleh MediaTek, 75% responden mengatakan mereka sudah memiliki setidaknya satu perangkat rumah yang terhubung. Kemudian, 57% mengatakan mereka berencana untuk menambahkan koleksi perangkat smart home mereka tahun ini, dan lebih dari setengah (51%) responden mengatakan mereka berencana untuk meningkatkan pusat hiburan rumah mereka dengan smart TV baru. Gadget lain yang mereka rencana miliki berikutnya antara lain asisten suara, router Wi-Fi, kulkas, lampu pintar, dan banyak lagi.

Para konsumen bisa memperoleh manfaat dan menikmati kenyamanan perangkat rumah terhubung dengan harga terjangkau. Juga, ada banyak perangkat pintar yang didukung oleh MediaTek untuk dijadikan pilihan yang tersebar di produsen pengecer besar seperti Amazon, Best Buy, dan Walmart.

Penting juga untuk diingat bahwa perangkat smart home lebih dari sekadar kesenangan dan permainan. Dalam survei kami, 32% responden melaporkan bahwa perangkat pintar mereka mampu “menyederhanakan kegiatan rutinitas atau tugas harian”, 26% mengatakan perangkat mereka menghemat waktu dan 14% bahkan mengatakan bahwa perangkat mereka mampu membantu menghemat biaya pengeluaran.

Ilustrasi smart home. (Pixabay)

Menarik juga untuk dicermati di mana para konsumen menyimpan perangkat pintar di rumah mereka. Meskipun tidak mengherankan bahwa 70% responden memiliki perangkat pintar di ruang tamu dan 46% dari mereka yang disurvei memiliki gadget yang terhubung di kamar tidur mereka, 46% juga melaporkan bahwa mereka memiliki perangkat pintar di dapur.

Baik sedang memasak dengan smart oven, mencari resep di layar pintar, atau menyetel timer di asisten suara kamu, perangkat-perangkat terhubung tersebut membuat smart kitchen menjadi kenyataan.

MediaTek menghadirkan beragam perangkat smart home untuk memberi manfaat bagi berbagai rumah mana pun, besar atau kecil, dengan cara berikut:

  • Hiburan: VAD dan speaker berkemampuan AI tidak hanya dapat membantu mengelola perangkat terhubung lain di rumah, tetapi juga dapat mempelajari suara, kebiasaan, dan preferensi kamu untuk membantu mencari musik baru, tetap update dengan informasi dan peristiwa terkini, dan bahkan menyelesaikan perhitungan matematika dalam sekejap. Nikmati esport dan game serba cepat di ruang tamu kamu dengan 4KTV terbaru yang menampilkan kecepatan refresh, atau pilih pengalaman sinema epik dari 8KTV terbaru, sebagian perubahan ini berkat visual dan teknologi MEMC terbaru dari MediaTek yang meningkatkan kualitas video streaming dinamis secara real-time berdasarkan apa yang sedang ditonton.
  • Keamanan: Jangan pernah lagi menggunakan lubang intip pintu depan di rumah, dengan sistem keamanan terhubung yang didukung MediaTek, mulai dari bel pintu, kamera, dan lampu, membantu memastikan tetap merasa aman dan nyaman di rumah.
  • Hemat Energi dan Biaya: Dengan mengotomatiskan lampu atau sistem HVAC dengan teknologi smart home, para pemilik rumah dapat menghemat tagihan energi mereka dengan mengotomatiskan perubahan suhu, serta mematikan lampu secara otomatis saat kamu meninggalkan ruangan, bahkan jika lupa menekan sakelar.
  • Kenyamanan: Dengan perintah suara yang sederhana, perangkat terhubung yang cerdas menyadari perubahan lingkungan, orang atau bahkan hewan peliharaan, memastikan rumah kamu reaktif terhadap perubahan dan kebutuhan kamu tanpa harus mengangkat satu jari pun. Smart TV menjadi lebih dari sekadar sistem aplikasi dan streaming, MediaTek kini membuatnya mampu menggunakan perintah suara bahkan di ruang yang ramai sekali pun, dan tak jadi masalah jika kamu kehilangan remote (lagi). Resolusi ultra-high yang dimilikinya menghadirkan banyak real-estate baik konten mau pun informasi, yang memungkinkan para pengguna untuk streaming, browsing, mengobrol online, atau berinteraksi dengan smart home mereka pada saat yang bersamaan.

 

Itulah dereta portofolio smart home MediaTek yang membuat rumah lebih cerdas dan terhubung. kamu dapat menikmati cara hiburan baru, tetap terinformasi, merasa aman, dan menurunkan tagihan biaya, dan menghemat lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih penting lainnya.

Apakah rumah kamu sudah smart home seperti penjelasan MediaTek di atas?

BACA SELANJUTNYA

7 Rekomendasi HP MediaTek Helio G96, Terbaik April 2022