Minggu, 24 Oktober 2021
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 02 Agustus 2021 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Huawei telah merilis smartwatch khusus anak dengan beberapa fitur khusus. Mempunyai nama komersial sebagai Huawei Children's Watch 4 Pro, perangkat telah dibekali kamera dan warna menarik.

Smartwatch ini merupakan smart wearable untuk anak-anak dengan beberapa fungsi yang mendukung fitur pendidikan dan keamanan.

Huawei Children's Watch 4 Pro memiliki layar AMOLED 1,41 inci dan kamera depan 5 MP. Perangkat mengusung RAM 1 GB serta memori internal 8 GB. Smart wearable ini terdiri dalam dua varian warna yaitu Blue dan Pink.

Strap terbuat dari silikon dan reformasi UV di mana smartwatch juga mengemas baterai 800 mAh. Dilansir dari Gizmochina, perangkat cukup ringan untuk anak-anak mengingat bobotnya hanya 57,5 gram.

Perusahaan mengklaim bahwa fitur pengisian cepat dapat mengisi baterai 50 persen hanya dalam 20 menit saja. Smartwatch kompatibel dengan WLAN, Bluetooth, dan konektivitas jaringan seluler.

Huawei Children's Watch 4 Pro. (Huawei China)

Beberapa fitur yang dibawa termasuk video call, 9 AI positioning, ensiklopedia bawaan, asisten suara virtual, dan situs sertifikasi tahan air.

Huawei Children's Watch 4 Pro dijual dengan harga 998 yuan atau Rp 2,2 juta. Perangkat dijual terbatas di China dan masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global.

Perilisan smartwatch ini menampakkan bahwa Huawei cukup serius dalam menggarap pasar gadget khusus untuk anak-anak. Perusahaan sendiri baru saja mengenalkan Huawei MatePad T10 Kids Edition pada Juni lalu di pasar Indonesia.

Tablet khusus untuk anak MatePad T10 Kids Edition, hadir dengan sederet fitur yang telah secara khusus disesuaikan untuk anak-anak seperti layar yang besar (10 inci), serta fitur perlindungan mata bagi anak-anak.

Huawei MatePad T10 Kids Edition. (Huawei)

Selain itu, tablet dilengkapi dengan case berbahan dasar silikon yang aman digenggam oleh anak-anak dan juga stylus pen yang akan mendukung kreativitas anak.

Berdasarkan keterangan yang dipaparkan Huawei, anak usia < 18 bulan disarankan menggunakan gadget untuk keperluan video call dan berinteraksi dengan keluarga. Sementara untuk anak usia 18 - 24 bulan, program-program berkualitas untuk ditonton bersama orang tua sangat dianjurkan.

Bagi anak usia 2 - 5 tahun, menurut American Academy of Pediatrics, mereka diizinkan memiliki waktu menggunakan gadget 1 jam per hari menggunakan gadget yang aman dan konten yang berkualitas. Sedangkan untuk anak usia > 6 tahun, fungsi gadget adalah hiburan dan pendidikan.

Pasar gadget untuk anak-anak sepertinya memiliki ceruk pasar tersendiri mengingat Huawei telah merilis smartwatch dan tablet khusus anak kecil.

BACA SELANJUTNYA

Usung Ryzen 7 5700U, Huawei Kenalkan Laptop Matebook Anyar