Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 Agustus 2021 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google bakal memotong dukungan untuk HP Android jadul sebagai bagian dari upaya mendorong keamanan. Smartphone lawas apa yang akan kehilangan dukungan?

Keputusan Google tersebut akan memengaruhi perangkat apa pun yang masih menjalankan Android 2.3.7, versi terbaru dari pembaruan yang dikenal sebagai Gingerbread.

Sebagaimana melansir dari Independent, Selasa (3/8/2021), Android 2 dirilis pada 2009, di awal sejarah sistem operasi seluler Google.

Akibatnya, HP Android apa pun yang masih menjalankannya kemungkinan sudah cukup tua.

Namun, ada lebih dari tiga miliar perangkat Android aktif di dunia dan setidaknya beberapa di antaranya kemungkinan akan terpengaruh oleh perubahan tersebut.

Mulai 27 September mendatang, semua perangkat tersebut akan dihentikan masuk ke layanan Google, yang merupakan pusat pengoperasian perangkat.

Setiap pengguna yang mencoba, akan melihat "kesalahan", kata perusahaan itu.

Pengumuman layanan Google. [Google]

Peringatan itu menunjukkan bahwa perubahan itu adalah bagian dari perubahan keamanan.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan masuk di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," sebuah dokumen dukungan baru, pertama kali dicatat oleh Liliputing.

"Jika masuk ke perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau sandi saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps."

Dokumen dukungan juga mendesak agar siapa pun yang dapat memperbarui ke versi Android yang lebih baru – 3.0, atau Honeycomb – harus melakukannya.

Mereka juga harus memastikan bahwa masih memiliki akses ke aplikasi dan layanan Google.

Ia juga mencatat bahwa HP Android jadul tersebut akan dapat masuk ke beberapa layanan Google melalui browser web bawaannya.

Tapi itu menunjukkan bahwa tidak semua dari mereka akan bekerja.

Dengan kata lain, layanan Google mulai dihilangkan dari beberapa HP Android jadul di atas. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Mission EVO Rilis di Google Play Store, Game Survival Shooter Terbaru