Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 06 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini cara cek sinyal TV Digital ada atau tidak di daerah kamu dengan mudah. Salah satunya menggunakan aplikasi yang memudahkan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran tv analog secara bertahap dan menggelar siaran tv digital. Proses migrasi ini ditargetkan selesai pada 2 November 2022. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Penghentian siaran televisi terestrial analog (analog switch off) tahap pertama dijadwalkan paling lambat berlangsung hingga 17 Agustus nanti. Saat ini di wilayah ASO tahap I sudah berlangsung siaran simulcast atau siaran televisi analog dan digital dalam waktu yang sama.

Untuk mengecek apakah lokasi atau wilayah kalian sudah mendapatkan siaran TV digital, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama tentu memastikan TV sudah masuk ke kategori TV Digital.

Kemudian untuk mengecek wilayah yang terjangkau siaran TV digital, ada dua cara yang bisa dilakukan, mulai dari cek situs https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran atau mengunduh aplikasi SinyalTVDigital di Google Play Store.

Aplikasi SinyalTVDigital. (Kominfo)

Cara kedua amat disarankan bagi mereka yang tidak mau repot mengecek satu-satu wilayah. Aplikasi ini dapat menentukan apakah lokasi Anda memiliki sinyal tv digital lemah, sinyal tv jelek atau bahkan sinyal tv hilang semua.

Dengan menginstall aplikasi sinyalTVDigital, juga mendapatkan fitur detail mengenai sinyal tv dan melakukan cek saluran tv digital dalam satu aplikasi ini.

Berikut cara cek sinyal TV Digital melalui aplikasi sinyalTVDigital:

  1. Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  2. Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi anda
  3. Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi anda berada
  4. Klik bagian layer atau layar berlapis di kanan atas, dekat zoom in zoom out
  5. Cek warna apa yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih.

Itulah cara cek sinyal TV Digital melalui aplikasi sinyalTVDigital yang telah diluncurkan Kominfo. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Perbedaan Utama TV Digital dan Smart TV, Kamu Wajib Tahu