Jum'at, 21 Januari 2022
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 08 Agustus 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Firma riset Counterpoint telah mengumumkan laporan perkembangan pasar smartphone global selama kuartal kedua. Hasilnya, Xiaomi melesat menjadi produsen smartphone nomor satu dalam hal penjualan selama Juni 2021.

Menurut Counterpoint Research, ini adalah pertama kalinya Xiaomi menjadi merek nomor satu secara global. Xiaomi memimpin pada bulan Juni 2021 setelah mereka berhasil meraih pangsa pasar 17,1 persen.

Produsen smartphone asal China ini mengungguli pangsa pasar yang diraih Samsung (15,7 persen) dan Apple (14,3 persen).

Hampir sepuluh tahun sejak smartphone pertamanya, Xiaomi dikatakan telah melampaui pengiriman 800 juta smartphone.

Dikutip dari GSM Arena, Direktur Riset Counterpoint, Tarun Pathak menungkapkan bahwa kinerja Xiaomi cukup baik khususnya di pasar Eropa, China dan India.

Pasar Xiaomi meroket pada Juni 2021. (Counterpoint Research)

Permintaan smartphone di ketiga wilayah yang disebutkan tadi berangsur pulih setelah dihantam pandemi. Xiaomi merupakan OEM dengan pertumbuhan tercepat di China berkat perangkat Redmi 9, Note 9, dan Redmi K-series.

Di lain pihak, Samsung tercatat menghadapi masalah produksi di Vietnam yang berdampak negatif pada jumlah pengirimannya.

Catatan Counterpoint Research, penjualan Xiaomi tumbuh 26 persen MoM pada Juni 2021. Ini menjadikannya merek dengan pertumbuhan tercepat untuk bulan tersebut.

Redmi 9. [Xiaomi]

Xiaomi juga merupakan merek nomor dua secara global untuk kuartal kedua 2021 dalam hal penjualan. Counterpoint turut menyoroti penurunan Huawei yang ikut andil dalam membuat pasar Xiaomi meningkat.

"Sejak penurunan Huawei dimulai, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah dari penurunan ini. OEM telah berkembang di pasar warisan Huawei dan Honor seperti China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Pada Juni, Xiaomi lebih terbantu oleh pemulihan China, Eropa dan India," kata Tarun Pathak dikutip dari laman resmi Counterpoint. 

Counterpoint turut menyoroti bahwa gelombang baru pandemi di Vietnam pada Juni 2021 mengganggu rantai pasokan Samsung pada seluruh channel. Di sisi lain, Xiaomi membukukan kinerja yang solid dari penjualan perangkat kelas menengah.

BACA SELANJUTNYA

Daftar Harga Samsung Galaxy M Series Januari 2022, Spek Dewa Harga Miring