Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek resmi mengumumkan dua chipset baru mereka untuk smartphone 5G. Yakni MediaTek Dimensity 920 dan MediaTek Dimensity 810. Apa saja yang ditawarkan chipset baru ini?

Debut ini memberi para produsen smartphone kemampuan untuk menyuguhkan peningkatan kinerja, pencitraan brilian, dan tampilan yang lebih pintar kepada para pelanggan.

Didesain untuk smartphone 5G yang kuat, MediaTek Dimensity 920 menyeimbangkan kinerja, daya, dan biaya untuk menyediakan pengalaman seluler yang luar biasa.

Dibangun menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6nm, chipset ini mendukung tampilan cerdas (intelligent displays) dan pengambilan video 4K HDR berbasis perangkat keras, juga menawarkan peningkatan 9% untuk performa bermain game dibandingkan seri pendahulunya, Dimensity 900.

MediaTek Dimensity 810 dibuat menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6nm. Chipset ini memberikan kecepatan CPU Arm Cortex-A76 hingga 2,4GHz, fitur kamera premium, seperti AI-Color artistik yang berkolaborasi dengan perusahaan perangkat lunak foto dan video Arcsoft, dan teknik pengurangan noise lebih modern untuk mendukung fotografi bercahaya rendah yang keren.

"Dengan perluasan seri chipset Dimensity, MediaTek menghadirkan inovasi terbaru kepada para produsen perangkat dan pengguna smartphone dengan harga lebih terjangkau untuk pasar mainstream," ujar Dr. JC Hsu, Corporate VP and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit.

"Memberikan peningkatan performa, kecerdasan tampilan dan kecemerlangan gambar, chipset Dimensity baru ini akan menambah pengalaman pengguna dan menghadirkan fitur dan kapabilitas smartphone 5G." lanjutnya.

MediaTek Dimensity 920. (MediaTek)

Fitur-fitur utama MediaTek Dimensity 920, antara lain:

  • Layar Adaptif Pintar MediaTek: Mengatur refresh rate tampilan sesuai dengan game atau tindakan UI yang terdeteksi; menaikkannya selama periode tindakan intens untuk menambah pengalaman pengguna, lalu menurunkannya untuk meningkatkan efisiensi daya.
  • Mesin Perangkat Keras Perekaman Video 4K: Mengintegrasikan kelas flagship, HDR-native image signal processor (ISP), dan menggabungkan mesin perekaman video 4K HDR berakselerasi perangkat keras unik yang mendukung hingga empat kamera sekaligus hingga sensor 108MP.
  • Peningkatan Kinerja:  Dengan prosesor Arm Cortex-A78 dalam CPU octa-core yang bisa mencapai kecepatan clock 2,5GHz, lalu dengan memori LPDDR5 terbaru dan penyimpanan UFS 3.1, Dimensity 920 benar-benar memaksimalkan kinerja.
  • Kecanggihan Konektivitas: Mendukung dua kartu seluler 5G, VoNR ganda, agregasi operator 2CC, rangkaian efisiensi daya MediaTek 5G UltraSave dan jaringan 5G Standalone (SA)/Non-Standalone (NSA), konektivitas 2x2 MIMO Wi-fi 6, Bluetooth 5.2, dan multi-GNSS.
  • Kelancaran Bermain Game: Mendukung MediaTek HyperEngine 3.0 dengan panggilan 5G dan akses data tanpa gangguan (data concurrency), ditambah peningkatan koneksi untuk high-speed rail dan teknologi "Super Hotspot".

 

MediaTek Dimensity 810. (MediaTek)

Fitur-fitur utama MediaTek Dimensity 810, antara lain:

  • Performa Lebih Cepat: Prosesor Arm Cortex-A76 saat ini mendukung hingga 2,4GHz dalam CPU octa-core.
  • Tampilan Lebih Cepat: smartphone 5G mainstream kini mendapatkan keuntungan dari tampilan 120Hz untuk pengalaman pengguna yang sangat mulus.
  • Kamera Luar Biasa: Mendukung teknik pengurangan noise tingkat lanjut (MFNR & NCTF) guna pengambilan gambar bercahaya rendah yang begitu baik, serta mendukung hingga kamera beresolusi 64MP.
  • Fitur Kamera AI Kelas Atas: Memungkinkan pengalaman kamera yang memesona, seperti AI-Bokeh dan AI-Color artistik yang berkolaborasi dengan teknologi Arcsoft.
  • Kelancaran Bermain Game: Mendukung teknologi game HyperEngine 2.0 MediaTek dengan mesin manajemen sumber daya yang pintar dan mesin jaringan yang canggih.

 

Seri Dimensity 5G dari MediaTek memberikan smartphone kombinasi tak tertandingi dari konektivitas, multimedia, AI, dan inovasi pencitraan ke pasar global dengan keluarga Dimensity 700, 800, 900, 1000, 1100, dan 1200.

Dengan dukungan untuk setiap generasi konektivitas seluler, chipset Dimensity 5G yang baru ini menghadirkan fitur konektivitas terbaru, seperti arsitektur 5G standalone (SA) dan non-standalone (NSA), 5G two carrier aggregation (2CC), termasuk mode campuran FDD+TDD, dukungan teknologi dynamic spectrum sharing (DSS), True Dual SIM 5G (5G SA + 5G SA) dan Voice over New Radio (VoNR).

MediaTek Dimensity 920 dan MediaTek Dimensity 810 yang baru akan mendukung smartphone 5G yang diperkirakan meluncur di pasar global pada Q3 2021. Untuk spesifikasi lengkap dan detail lebih lanjut, silakan kunjungi: https://i.mediatek.com/mediatek-5g.

BACA SELANJUTNYA

Perluas Wi-Fi 7 secara Mainstream, MediaTek Hadirkan Filogic Generasi Kedua