Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 13 Agustus 2021 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dua HP lipat baru, Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3 dipastikan telah mendapatkan dukungan untuk mengakses jaringan 5G.

Namun bisakah mengakses jaringan 5G di Inonesia, dan kapan bisa melakukannya?

Meski sudah dipastikan memiliki konektivitas 5G, sayangya dua HP lipat baru Samsung ini saat ini belum bisa layanan 5G di Indonesia.

Verry Octavianus selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia menyatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler untuk mengaktifkan internet jaringan 5G di Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3.

"Diharapkan akhir tahun atau kuartal ketiga (Q3) 2021 sudah aktif. Kita akan umumkan saat fitur 5G dibuka," katanya.

Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung)

Pengumuman ini, tambah Verry, dilakukan setelah kerja sama dengan operator seluler selesai, seperti peresmian hingga uji coba (trial) 5G.

Verry melanjutkan, konsumen yang sudah membeli dua perangkat tersebut juga tak perlu khawatir untuk membuka kunci (unlock) fitur untuk menikmati internet 5G di Indonesia.

"Nanti akan ada software update," jelasnya.

Senada dengan Verry, Taufiq Furqan selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia memastikan bakal mengumumkan apabila internet 5G sudah bisa dinikmati di Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3.

"Kapan 5G bisa digunakan di Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3? Nanti kita akan informasikan," jelas Taufiq.

Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung)

Sayangnya Samsung Indonesia tidak mengungkapkan pita frekuensi mana yang didukung di Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Sebab untuk menikmati 5G, ponsel harus mendukung band n3 atau pita frekuensi 1,8 GHz dan band n40 atau 2,3 GHz.

Sejauh ini, baru Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang resmi mengumumkan komersialisasi 5G di Indonesia. Telkomsel sendiri memakai pita frekuensi 2,3 GHz, sedangkan Indosat Ooredoo memakai 1,8 GHz.

Penyelenggaraan internet 5G selanjutnya akan dilakukan oleh XL Axiata. Diketahui operator tersebut akan menggunakan spektrum frekuensi radio 1,8 GHz dengan lebar pita 20 MHz di rentang 1807,5-1.827,5 MHz.

Kita nantikan saja sampai kapan HP lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3 mendapatkan dukungan jaringan 5G di Indonesia. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Update Software Samsung Galaxy S24 Series, Hadirkan Pengalaman Display Vivid yang Makin Optimal