Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone kamu hilang? Mau tahu cara menemukan HP Android yang hilang menggunakan fitur Google Find My Device.

Pengguna smartphone terkadang secara tidak sengaja kehilangan HP Android, entah terjatuh atau tertinggal di suatu tempat.

Namun, pengguna Android dapat menggunakan fitur Google Find My Device untuk menemukan smartphone.

Untuk menggunakan fitur tersebut, kamu harus mengaktifkan Find My Device dan layanan Lokasi Google.

Selain itu, smartphone juga harus dalam keadaan hidup dan masuk ke akun Google.

Dilansir dari The Verge, Selasa (17/8/2021), jika pengguna ingin menggunakan fitur Find My Device dari Google, kamu dapat memeriksa apakah fitur itu tersedia dalam HP Android pengguna.

Untuk memeriksanya, buka Settings > Security > cari fitur Find My Device. Jika fitur terdaftar tetapi dalam keadaan nonaktif, ketuk toggle untuk mengaktifkannya.

Find My Device. (Google Play Store)

Jika tidak memiliki aplikasi Google tetapi tetap ingin menggunakan fitur tersebut, kamu dapat membuka Play Store dan instal aplikasi Find My Device.

Selanjutnya, kamu harus memeriksa apakah layanan Lokasi Google diaktifkan.

Untuk memeriksanya, buka Settings > Location dan cek apakah itu dalam keadaan aktif atau tidak.

Jika tidak aktif, ketuk opsi Location dan aktifkan. Kamu juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang memiliki akses ke lokasi.

Setelahnya mengaktifkan Find My Device dan Lokasi Google, pengguna secara otomatis dapat menggunakan fitur tersebut untuk mencari smartphone.

Jika tidak dapat menemukan lokasi HP Android, buka halaman pencarian Google dan ketikkan "Find My Device".

Jika belum pernah menggunakan fitur itu sebelumnya, kamu harus memberikan izin kepada Google untuk menggunakan data lokasi guna menemukan perangkat.

Ilustrasi HP Android. (Android)

Jika kamu dapat menemukan lokasi perangkat, klik tautan yang muncul dan pengguna akan dibawa ke halaman Find My Device.

Halaman itu akan memunculkan nama perangkat mu, lokasi terakhir kali, nama jaringan yang digunakan, hingga persentase jumlah baterai.

Setelah menemukan perangkat, terdapat tiga opsi yang tercantum di sisi kiri layar.

Pertama, kamu dapat meminta perangkat menghasilkan suara (biasanya nada dering) selama lima menit agar pengguna dapat menemukannya.

Kedua, jika merasa perangkat berada di lokasi yang tidak aman, kamu dapat mengunci smartphone dan keluar dari akun Google sehingga data akan diamankan.

Terakhir, kamu dapat menghapus perangkat. Hal ini dilakukan ketika cukup yakin bahwa HP Android telah dicuri dan tidak dapat diambil kembali.

Itulah cara menemukan HP Android yang hilang menggunakan fitur Google Find My Device dengan mudah. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset