Selasa, 21 September 2021
Agung Pratnyawan : Jum'at, 27 Agustus 2021 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Sudah tidak asing lagi dengan brand Rexus yang menghadirkan berbagai aksesori gaming, termasuk keyboard gaming mechanical. Kali ini tim HiTekno.com mendapatkan kesempatan untuk membuat review Rexus Legionare MX9P.

Rexus Legionare MX9P hadir sebagai keyboard gaming dengan mechanical switch dan hadir dalam format tenkeyless atau TKL. Alias tidak memiliki numpad, sehingga ukurannya lebih pendek dengan 87 tombol.

Untuk keyboard yang digunakan HiTekno.com dalam review ini adalah versi warna putih dengan switch Outemu Blue. Selain warna putih, tersedia juga pilihan warna hitam. Sedangkan untuk switch, selain Outemu Blue ada juga Outemu Red.

Buat kamu yang sedang mencari aksesori gaming, apakah keyboard gaming mechanical ini cocok untuk kamu? Simak review Rexus Legionare MX9P dari HiTekno.com berikut.

Desain dan Material

Review Rexus Legionare MX9P. (HiTekno.com)

Hadir dengan material solid dan terasa premium nampak menjadi tradisi keyboard Rexus. Dari pengujian sebelumnya pada Rexus Legionare MX20 Pro dan Daxa M71 Classic, hadir dengan fisik yang kokoh dan terasa premium.

Begitu juga dengan Rexus Legionare MX9P, memakai body berbahan plastik ABS namun terasa kokoh dan cukup berat. Sedangkan keycap sendiri tidak terasa plastik murahan, bahkan lebih terkesan selayaknya keyboard gaming premium.

Begitu juga dengan kabel brided berbahan nilon yang meningkatkan kesan premium. Tak hanya itu, pelapisan ini membuat kabel keyboard gaming Rexus ini tidak mudah kusut, juga menjaga keawetannya karena adanya tambahan perlindungan.

Sayangnya kabel di body Rexus Legionare MX9P ini tertanam, bukan tipe port yang bisa dilepas pasang. Sedangkan kepala kabel ujungnya memakai kepala USB type-A yang memudahkan untuk dicopot-pasang dan tidak licin.

Di sisi belakang keyboard gaming ini sudah dipasangkan karet anti licin pada masing-masing pojokannya. Juga terpat clip pengatur ketinggian, tinggal sesuaikan posisi mana yang paling nyaman untuk kamu.

Semua keycap ini dapa mudah dilepas menggunakan puller yang tersedia dalam paket penjualan Rexus Legionare MX9P. Juga memakai dudukan standar yang sudah populer sehingga memudahkan jika ingin memakai custom keycap.

Review Rexus Legionare MX9P. (HiTekno.com)

Sedangkan untuk switch, dalam review Rexus Legionare MX9P ini HiTekno.com menggunakan versi Outemu Blue. Sehingga pengalaman yang dirasakan lebih clicky dan suaranya cukup terdengar nyaring jika dibandingkan switch lain.

Menariknya, keyboard gaming ini telah memakai swtich yang hot-swappable. Tiap switch bisa dilepas menggunakan alat bawaan dalam paket penjualannya. Kamu bisa mengganti dengan mudah masing-masing switch dengan versi lain.

Switch Outemu ini diklaim bisa bertahan sampai 50 juta kali klik, sehingga tidak usah ragu dengan kekuatannya. Selain itu, Rexus juga memberikan empat swtich cadangan dalam paket penjualan keyboard gaming mechanical ini.

Tambahan huruf P di belakang nama produk ini ternyata memberikan arti Pudding. Yakni merujuk pada keycap dengan lapisan warna tersendiri berbeda dengan bagian bawah. Hal ini membuat warna led RGB di bawahnya terlihat lebih menarik.

Secara keseluruhan, body keyboard gaming ini solid dan kokoh meski dari plastik. Sedangkan material yang digunakan terasa premium. Dan desainnya cocok untuk kamu yang ingin membuat setup gaming serba putih, juga yang ruangnya terbatas karena ukurannya pendek.

Pengalaman Gaming

Sebagai keyboard gaming, tentu saja harus dicoba bagaimana pengalaman main game dengan Review Rexus Legionare MX9P. HiTekno.com menjajal dalam game FPS kompetitif CSGO, juga dengan game action Genshin Impact.

Karena switch Outemu Blue yang clicky dan tactile, membuat percaya diri dalam bermain game. Karena rasa klik menjadi konfirmasi kalau tombol sudah terpenjet dan signal telah terkirim sebagai instruksi dalam game.

Masih adanya tombol fungsi seperti F1-12 ini juga memudahkan untuk sejumlah game. Seperti Genshin Impact yang menggunakan F2, F4, dan F5 untuk sortcut ke menu-menu yang sering digunakan. Juga masih adanya tombol fungsi lain yang memudahkan.

Format ukuran TKL juga memberikan keleluasaan untuk memposisikan keyboard ini, karena tidak memakan banyak tempat. Bagi penggemar keyboard-keyboard miring juga bisa tanpa bisa dan tidak butuh area terlalu luas.

Fitur

Review Rexus Legionare MX9P. (HiTekno.com)

Fitur paling menarik dari Rexus Legionare MX9P adalah lampu LED RGB yang menghiasi keyboard gaming ini. LED RGB ini terpasang di bawah tiap switch, sehingga memberikan pencahayaan untuk masing-masing tombol.

Kehadiran keycap pudding juga memberikan efek lain dari pencahayaan LED RGB yang ditampilkan. Karena cahaya yang berpendar lebih menyebar ke samping tombol, tidak mengarah langsung ke pengguna. Nampak terang, namun tidak menyilaukan.

Dalam Rexus Legionare MX9P ini juga tersedia pengaturan mode LED RGB yang bisa diakses melalui kombinasi tombol FN. Tinggal sesuaikan saja mode pencahayaan seperti yang kamu inginkan, tersedia 13 pilihan. Juga ada pengaturan kecepatan dan brightnes dari lampu LED.

Sebagai keyboard gaming, tersedia pula fitur untuk mengunci tombol Windows. Tentunya agar tidak terpencet ketika main game, karena bisa mengganggu pengalaman dalam bermain.

Kelebihan

  • Build quality solid
  • Material terasa premium
  • Keycap pudding menghasilkan pencahayaan cantik
  • Switch hot-swappable
  • Daya tahan switch 50 juta klik
  • Kabel braided
  • Harga terjangkau untuk keyboard gaming switch Outemu Blue

Kekurangan

  • Kabel USB tidak bisa dilepas dari keyboard
  • Untuk warna putih harus menjaga kebersihan

Kesimpulan

Review Rexus Legionare MX9P. (HiTekno.com)

Rexus Legionare MX9P hadir sebagai keyboard gaming mechanical TKL yang menarik, untuk kamu yang punya ruang atau meja sempit, untuk kamu yang membangun setup gaming serba putih, juga yang menginginkan keyboard RGB dengan pencahayaan cantik.

Keyboard gaming ini dipasarkan dengan harga Rp 799.000 di Official Store Rexus yang bisa kamu temui di Tokopedia. Menariknya, brand satu ini gemar melakukan promo diskon yang menarik. Sehingga memungkinkan mendapatkan dengan harga lebih murah.

Hasil Review Rexus Legionare MX9P dari HiTekno.com, mendapati kalau keyboard gaming mechanical ini hadir sebagai pilihan solid. Pengalaman gaming unggul, desain cantik, RGB terang tapi tidak silau, dan terasa premium.

BACA SELANJUTNYA

Keyboard RGB Low-Budget, Penampakannya Bikin Tepuk Jidat