Rabu, 22 September 2021
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:45 WIB

Hitekno.com - Fossil Gen 6 merupakan smartwatch teranyar dari Fossil yang memiliki peningkatan performa dibandingkan pendahulunya. Tak hanya berdesain premium, Fossil Gen 6 dibekali deretan fitur menarik di kelasnya.

Smartwatch masih menjalankan Wear OS 2 dan bukan Wear OS 3 seperti pada Galaxy Watch4 series. Perusahaan berjanji bahwa mereka akan memberikan update Wear OS 3 pada Fossil Gen 6 sekitar tahun 2022 mendatang.

Smartwatch terdiri dari dua ukuran yaitu 42 mm dan 44 mm. Perangkat membawa RAM 1 GB dan memori internal 8 GB untuk menyimpan aplikasi serta memutar musik secara langsung.

Fossil Gen 6 mengusung layar AMOLED 1,28 inci beresolusi 416 x 416 piksel dengan kerapatan sekitar 326 PPI. Perangkat ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 4100+ yang diklaim menawarkan 30 persen peningkatan performa dibandingkan pendahulunya.

Dikutip dari Techradar, kedua model Fossil Gen 6 memiliki ketebalan 11,5 mm. Model 42 mm menggunakan strap 18 mm sedangkan 44 mm mempunyai strap 22 mm.

Smartwatch Fossil Gen 6. (Fossil)

Fossil belum mengatakan seberapa besar kapasitas baterai di Fossil Gen 6, tetapi perusahaan menjelaskan bahwa perangkat menawarkan masa pakai lebih dari 24 jam.

Salah satu nilai jual smartwatch ini ada pada fitur pengisian daya cepat. Perusahaan mengklaim bahwa Fossil Gen 6 dapat terisi dari 0 hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Beberapa fitur yang disematkan smartwatch yaitu sensor SpO2 (pengukuran saturasi oksigen dalam darah), aplikasi kesehatan, Google Assistant, Calendar Alerts, kontrol untuk smart home, sensor detak jantung, dan fitur ketahanan air 3 ATM.

Smartwatch Fossil Gen 6. (Fossil)

Deretan pilihan konektivitas yang disediakan termasuk GPS, NFC SE, Bluetooth v5 dan dukungan Wi-Fi. Perangkat turut dibekali dengan mikrofon serta speaker.

Ini memungkinkan pengguna melakukan perintah suara pada Google Assistant di mana asisten virtual dapat merespons dengan berbicara kepada Anda.

Harga Fossil Gen 6 dibanderol sekitar 299 dolar AS atau Rp 4,3 juta untuk model 42 mm dan 319 dolar AS atau Rp 4,6 juta untuk model 44 mm.

Smartwatch Fossil Gen 6 masih tersedia terbatas di Amerika Serikat dan belum diketahui terkait ketersediaan secara global, termasuk ke Indonesia. Gen 4 dan Gen 5 pernah dipasarkan sebelumnya ke Tanah Air sehingga kita bisa berharap bahwa generasi penerusnya juga dapat masuk ke sini.

BACA SELANJUTNYA

Makin Banyak, Fitur Terjemahan Baru YouTube Kini Dukung 100 Bahasa