Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 01 September 2021 | 14:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone sekarang makin canggih dan bisa mengakses berbagai konten yang ada di internet. Namun bagaimana jadinya jika tidak ada kuota data atau koneksi internet? Masih bisakah mendapatkan hiburan seperti HP jadul satu ini.

Viral di media sosial, penampakan sebuah HP jadul yang bikin netizen nostalgia. Pasalnya perangkat ini tetap bisa memberikan hiburan tanpa adanya internet.

Akun Instagram @nostalgiajadul membagikan postingan mengenai sebuah HP jadul yang sempat populer berkat harga miringnya. Menariknya perangkat ini bisa dimanfaatkan untuk nonton TV, meski tidak ada internet.

Dulu sebagian HP China memang mengadopsi fitur TV analog sebagai nilai tambah. Yup, bisa nonton TV yang disiarkan selayaknya di televisi.

Meski begitu, HP jadul yang penampakannya viral di media sosial ini (Cross Mobile) merupakan merek asli Indonesia.

Cross Mobile berganti nama menjadi Evercoss pada 2013 lalu. Jika masih ingat, deretan HP lokal dan HP buatan China pernah memproduksi perangkat dengan fitur khusus, salah satunya TV Analog.

Produk tersebut pernah menjamur bersama popularitas Blackberry yang naik daun di Indonesia pada kisaran 2010 hingga 2013. Terdapat perangkat yang memiliki keypad QWERTY mirip Blackberry namun dengan harga lebih terjangkau.

HP jadul dengan fitur TV ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ nostalgiajadul)

Beberapa merek HP seperti Cross Mobile, Mito, Nexian, CSL Blueberry, Polytron, dan Asiafone pernah memproduksi HP dengan fitur TV Analog. Tak hanya model keypad QWERTY, namun beberapa HP dengan tampilan candy bar juga ada yang mempunyai fitur TV Analog.

Fitur tersebut sangat berguna terutama bagi anak kosan yang tak ada TV di tempatnya. Jika HP flagship zaman now memiliki tempat tersembunyi sebagai wadah Stylus Pen, HP jadul juga dibekali fitur seperti itu.

Bedanya, ruangan khusus tersebut sebagai tempat antena mini yang bisa ditarik, dan bukan stylus. Terdapat ciri khas khusus pada deretan HP jadul itu. Sebagian di antaranya memiliki suara keras, nyaring, bahkan ada pula yang memekakkan telinga.

Jika smartphone saat ini harus memiliki kuota data untuk menonton TV secara online, HP jadul di atas tak membutuhkan hal semacam itu.

HP jadul dengan fitur TV ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ nostalgiajadul)

Perangkat bisa dioperasikan untuk menyetel TV setelah antena dikeluarkan atau mungkin jack headphone ditancapkan pada HP. Penampakan HP jadul dengan fitur TV Analog ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Secanggih-canggihnya HP sekarang mana bisa nonton TV online," kata @iye*_sa*pul*oh9.

"Top pada zamannya," pendapat @pa*le*_19*9.

"Gue juga pernah itu di kosan. Kalau nggak kebagian TV sama yang punya kos tinggal lihat aja sendirian di kamar, suaranya kenceng banget lagi," kenang @inda*_h*ura_*ho.

"Hebatnya lagi, tak ada pulsa dan kuota bisa nonton TV..hehe," komentar @t*iy*ag*s.

Itulah tadi HP jadul dengan fitur TV Analog yang bikin nostalgia, apakah kalian pernah memilikinya? Masih bisa terhibur dengan nonton TV meski tak ada internet.

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Inara Rusli Kelihatan Aurat saat Pakai Baju, Netizen Pertanyakan Ini