Rabu, 22 September 2021
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 September 2021 | 17:25 WIB

Hitekno.com - Akhirnya ada laptop Xiaomi yang hadir di Indonesia, yakni Redmibook 15. Seperti apa laptop murah ini? Ikuti review Redmibook 15 dari HiTekno.com yang akan membantu kamu mengenal lebih lanjut seperti apa perangkat ini.

Hadir sebagai laptop murah, ternyata Redmibook 15 ini menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Seperti dengan ciri khas Xiaomi, hadir sebagai produk terjangkau namun dengan hardware berspesifikasi tinggi.

Terlihat dari laptop Redmibook 15 ini, dibanderol dengan harga Rp 6.999.000. Dengan harga ini, kamu sudah mendapatkan laptop dengan prosesor Core I3, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB seperti termuat dalam situs resmi Xiaomi Indonesia.

Namun bukan sekadar itu saja yang ditawarkan laptop Xiaomi Indonesia tersebut. Melalui review Redmibook 15 ini, tim HiTekno.com mendapati banyak hal menarik. Mulai dari desain, material, hingga performa yang ditawarkan.

Spesifikasi Redmibook 15:

  • Layar: 15.6" FHD 1920 x 1080 piksel, 141 ppi, 220 nit, NTSC 45%
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Prosesor: Intel Core i3-1115G4 (3,0 GHz, 2 Core, 4 Thread, 6MB Cache) Generasi ke-11
  • Grafis: Intel UHD Graphics
  • Memori: DDR4 8 GB 3200MHz
  • Penyimpanan: SSD 256 GB
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5 2.4Ghz/5GHz
  • Port/Slot: HDMI 1.4 x 1, USB 3.2 Gen1 x 2, USB 2.0 x 1, Kensington Lock, Ethernet RJ45, Jack headphone 3.5 mm x 1, Slot SD 3.0
  • Speaker: stereo 2 W + 2 W, Audio DTS,
  • Kamera: 720P HD
  • Baterai: 46Wh
  • Dimensi: 363.8 x 243.5 x 19.9mm
  • Berat: 1.8kg

Desain dan Material

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Secara sekilas, Redmibook 15 ini mengusung desain minimalis khas laptop profesional. Xiaomi Indonesia menghadirkan perangkat ini dalam satu pilihan warna, yakni grey metalic yang memberikan kesan premium.

Menariknya, mengusung frame berbahan metal pada body utamanya dan layar 15 inci tersebut. Sehingga meningkatkan kesan kesan premium, walau body lainnya berbahan plastik. Selain itu, pengguna bisa membuka layar laptop ini dengan satu tangan saja, tanpa membuat bagian body utama terangkat.

Layar berukuran 15,6 inci langsung mencuri perhatian, bagaimana luasnya. Ditambah pemakaian frame yang minimalis dan tipis sehingga meningkatkan kesan mewah. Tidak ada lagi frame tebal seperti pada laptop murah dan jadul.

Pada sisi kiri, terdapat port power untuk charger diikuti dua port USB 3.0 dan HDMI 1.4. Sedangkan di sisi kanan ada Kesington Lock, port LAN RJ45, USB 2.0, SD card reader, dan jack audio 3,5 mm.

Lubang ventilasi pembuangan panas ada di sisi belakang menghadap ke layar. Posisi ini tidak mengganggu sisi kanan dan kiri laptop ketika digunakan. Sedangkan di bagian bawah hanya ada ventilasi untuk masuk udara segara.

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Redmibook 15 hadir dengan keyboard chiclet tanpa numlock dan tombol arah yang penuh atau besar. Keyboard ini juga terasa nyaman untuk mengetik, tidak ada masalah untuk menggunakan. Sayang belum dilengkapi backlight LED.

Soal keyboard, juga disayangkan penempatan tombol power yang seolah menyatu dengan tombol lainnya. Lokasinya ada di pojokan kanan atas, berdekatan dengan Backspace, Delete, dan Home. Harus dilakukan pengaturan dari Control Panel untuk antisipasi salah pencet.

Sedangkan touchpad terlihat luas dan lega, berukuran 126mm × 82,6mm sehingga memudahkan dalam pemakaian. Posisinya mengambil center to body, atau berada di tengah badan laptop tidak sejajar dengan tombol spasi.

Secara keseluruhan desain dan material laptop Xiaomi Indonesia ini terkesan premium dan mewah untuk kelas harganya. Redmibook 15 ini tidak terkesan laptop murah sacara tampilan luarnya.

Performa dan Baterai

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Soal performa, Redmibook 15 ini cukup untuk keperluan pekerjaan kantoran seperti WFH. Juga untuk kelas online yang dilakukan para siswa dan mahasiswa. Aplikasi office dan video conference bukan masalah untuk laptop dari Xiaomi Indonesia ini.

Dalam review Redmibook 15 ini, tim HiTekno.com menggunakan software pengujian Cinebench R20 mendapati nilai CPU 1100 dan single core 481. Nilai ini mengungguli hasil pengujian Intel Core i5-3500 dan Core i5-5300U.

Nampak laptop murah dengan prosesor Intel Core I3-1115G4 dengan dua core dan 4 threads ini cukup mumpuni di kelasnya. Bisa mendekati performa Intel Core i7-4859HQ dan bersaing melawan Core i5 lawas-lawas.

Review Redmibook 15 - hasil Cinebench R20. (HiTekno.com)

Untuk sistem pendinginan, Redmibook 15 ini memang hanya memakai satu kipas untuk mendingankan heatpipe. Dalam pengujian looping Cinebench R20 sebanyak 20 kali, suhu prosesor sempat menyentuh angka di atas 90 derajat celsius.

Namun dalam waktu singkat kipas berputar kencang untuk menurunkan suhu ke angka kisaran 80 derajat celsius. Tim HiTekno.com juga sempat mendapati penurunan performa dari hasil Cinebench R20 saat looping 20 kali, namun bukan secara signifikan.

Bagaimana soal performa gaming? Laptop murah ini mengandalkan GPU Intel UHD Graphics saja dengan memakai memori shared dari RAM. Dan RAM Redmibook 15 ini hanya single channel meski berkapasitas 8 GB. Sehingga performa gaming jangan berharap terlalu tinggi.

Hasil pengujian tim HiTekno.com, mendapati Redmibook 15 bisa menjalankan Genshin Impact sekitar 30 FPS dengan pengaturan grafis rata kiri di resolusi 1080p fullscreen, bloom effect of, anti aliasing of, resolusi render 1 kali.

Namun disarankan untuk main game ini dalam resolusi 900p windowed, rata kiri dan resolution render 0.8, untuk bisa stabil mendapatkan framerate di atas 30 FPS. Atau 720p rata kiri, resolution render bisa menyentuh 50 FPS.

Tim HiTekno.com juga menjajal dalam game baru seperti Escape from Naraka dengan pengaturan rata kiri, tanpa ray tracing dan DLSS, Redmibook 15 bisa mendapatkan stabil di atas 30 FPS.

Sedangkan untuk game populer seperti Counter Strike Global Offensive di 720p low bisa mendapatkan 70 sampai 90 FPS, DOTA 2 720P render scale 60 persen di 50 sampai 60 FPS. Sedangkan GTA V di 720p masih berat untuk menyentuh angka 30 FPS.

Performa gaming pada Redmibook 15 dirasa kurang ini diduga karena pemakaian RAM single channel. Dan tidak ada opsi untuk upgrade RAM dan membuatnya menjadi dual channel.

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Untuk penyimpanan, laptop Xiaomi Indonesia ini tersedia dalam kapasitas 256 GB yang telah menggunakan SSD. Meski sudah memakai SSD dengan port M.2, sayang masih memakai jenis SATA yang lebih lamban dibanding SSD PCIe.

Meski tidak sekencang SSD M.2 PCIe, pemakaian SSD di Redmibook 15 diarasa cukup. Mengingat di harga ini masih banyak brand lain yang masih memakai hardisk dibandingkan SSD.

Soal kecepatan, hasil pengujian dengan CrystalDiskMark storage ini mendapati nilai 558 MBps untuk read dan 500 MBps untuk write. Jauh lebih kencang jika dibandingkan hardisk, namun cukup standar bagi SSD SATA.

Review Redmibook 15 - CrystalDiskMark. (HiTekno.com)

Redmibook 15 memakai baterai berkapasitas 46wh, cukup untuk pemakaian pekerjaan sehari-hari. Pengalaman tim HiTekno.com memakainya bisa bertahan lebih dari 6 jam untuk aktivitas browsing dan pekerjaan office.

Untuk pengujian memutar video fullHD layar penuh dengan tingkat kecerahan layar 50 persen, baterai laptop ini bisa bertahan dalam 8 jam. Sedangkan untuk charger dari habis sampai penuh membutuhkan waktu kurang dari 2 jam 30 menit.

Dalam bermain game, lebih disarankan memakai charger untuk mendapatkan performa tertinggi Redmibook 15 ini. Ketika jalan tanpa charger, performa akan dioptimalkan untuk keseimbangan pemakaian dan daya tahan baterai.

Fitur dan kelengkapan

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Redmibook 15 ini hadir dengan sistem operasi Windows 10 Home, sayang belum dilengkapi bundel Microsoft Office. Di dalamnya bersih tidak seperti smartphone Xiaomi Indonesia yang memiliki aplikasi bawaan cukup banyak.

Soal layar, memang terlihat luas dengan ukuran 15,6 inci. Namun untuk panel masih memakai TN dengan tingkat kecerahan dan warna biasa saja. Lebih lagi tipe panel ini agak kurang dalam viewing angle sehingga posisi terbaiknya harus tepat sejajar mata pengguna.

Dengan kelemahan panel layar ini, tidak disarankan untuk pemakaian pekerjaan desain dan editing maupun yang banyak berhubungan dengan akurasi warna. Namun cukup aman untuk office hingga sekolah online.

Sual fitur audio, Redmibook 15 menawarkan kualitas yang cukup tinggi. Memakai speaker stereo 2 watt untuk masing-masingnya, dan dukungan DTS. Tidak hanya memberikan kualitas suara, namun juga volume yang cukup kencang.

Laptop murah ini juga disematkan kamera webcam mendukung resolusi 720p atau HP. Meski tidaklah terlalu tinggi, namun cukup untuk pemakaian dalam video teleconference dalam meeting online atau sekolah online.

Kelebihan

  • Desain solid dan kokoh
  • Material premium
  • Layar bisa dibuka satu tangan
  • Speaker lantang
  • Performa handal di kelasnya
  • Keyboard nyaman untuk mengetik
  • Touchpad luas

Kekurangan

  • RAM on-board tidak bisa upgrade
  • RAM Single Channel
  • Peletakan tombol power

Kesimpulan

Review Redmibook 15. (HiTekno.com)

Redmibook 15 hadir sebagai laptop murah namun dengan desain elegan dan material premium. Performa handal untuk pekerjaan kantoran hingga kelas online, sayang kurang greget untuk main game gegara RAM single channel.

Secara keseluruhan, hasil review Redmibook 15 tim HiTekno.com ini mendapati cocok untuk perangkat WFH dan sekolah online. Solusi laptop murah, performa cukup, namun memiliki desain dan penampilan mewah.

BACA SELANJUTNYA

4 Laptop Murah untuk WFH Agustus 2021, Mulai Rp 4 Jutaan