Selasa, 21 September 2021
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 September 2021 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Laptop untuk desain grafis banyak dicari seiring pesatnya perkembangan pekerjaan di dunia desain. Desain grafis mulai menjadi kegiatan dan pekerjaan favorit.

Saat mencari laptop untuk desain grafis, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari kartu grafis yang mumpuni hingga prosesor kencang, agar program dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

Sektor layar pun penting, harus bisa memproduksi warna secara akurat dan meminimalkan ketegangan mata saat bekerja berjam-jam. Selain itu, RAM yang cepat dan berkapasitas besar membantu memproses pekerjaan lebih cepat dalam waktu bersamaan.

Berat yang ideal dan desain minimalis juga diperlukan agar perangkat mudah dibawa ke mana-mana.

Ukuran 13 inci dirasa sudah cocok, karena ringkas dan cukup jelas dipandang mata. Usahakan pula laptop memiliki fitur layar sentuh agar lebih fleksibel. Bagi kamu yang terjun di dunia desain grafis, pastinya memiliki banyak klien yang mengharuskan kamu untuk bekerja dengan cepat.

Berikut rekomendasi laptop untuk desain grafis yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. ASUS VivoBook M413DA

ASUS VivoBook M413DA. (Asus)

Bobot yang ringan, desain yang tipis, dengan spesifikasi yang mumpuni membuat ASUS M413DA merupakan paket lengkap untuk sebuah laptop desain grafis yang akan sering dibawa ke mana-mana.

Dibanderol dengan harga di bawah 10 juta, laptop ini memiliki prosesor dan kartu grafis yang membuat segala aktivitas desain grafis akan berjalan lancar.

Bodinya yang mirip seri VivoBook membuat ASUS M413DA dilengkapi desain menawan dan elegan dengan lampu hijau stabilo yang menyala di tombol enter.

2. HP Pavilion 15

HP Pavilion 15 merupakan laptop keluaran HP yang sangat andal dipakai untuk kegiatan komputasi harian, game berat, hingga desain. Varian warna silver yang tersedia cukup elegan dan terlihat minimalis.

Berkat perangkat keras yang kuat, laptop ini mampu menangani semua jenis tugas desain dengan leluasa pada layar 15,6 inci. HP Pavilion 15 bahkan mempunyai kecepatan refresh 144 Hz yang tinggi dan penyimpanan hingga 1 TB.

3. Apple MacBook Air M1

Apple MacBook Air M1. (Apple)

Dikemas dengan chip M1 berbasis ARM dari Apple, MacBook Air merupakan laptop tipis dan ringan yang memiliki kinerja yang luar biasa untuk kegiatan desain grafis hingga pengeditan video dalam 4k.

Laptop untuk desain grafis ini dapat bertahan hingga 11 jam tanpa pengisian daya sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

4. Acer Swift 3

Acer Swift 3 dengan AMD Ryzen. (Acer)

Memiliki bodi yang sederhana, Acer Swift 3 merupakan laptop berkualitas baik dengan segala kekuatan komponen yang ada untuk semua kebutuhan desain. Trackpad yang lapang dan keyboard dengan lampu latar memberikan pengalaman desain dan mengetik yang nyaman.

Selain itu, lampu latar memudahkan pengguna untuk mengetik di area yang kekurangan cahaya. Laptop untuk desain grafis ini sangat direkomendasikan untuk berbagai kebutuhan komputasi harian dengan penawaran harga terbaik.

5. MSI Modern 15

MSI Modern 15. (MSI)

MSI Modern 15 merupakan salah satu laptop modern berwarna Onyx Black yang memiliki desain minimalis dan elegan. Dilengkapi dengan manajemen suhu, MSI menyematkan Cooler Boost 3, yaitu teknologi pendingin yang memiliki dua buah kipas khusus dan 3 heat pipe.

Pendingin tersebut diklaim dapat menjaga suhu laptop bahkan saat sedang melakukan pekerjaan berat seperti melakukan desain. Warna yang tajam dengan teknologi True Color akan membuat segala aktivitas desain terlihat lebih nyata dan sempurna.

6. Acer Spin 5

Acer Spin 5.(Acer)

Acer Spin 5 merupakan laptop paket lengkap. Laptop untuk desain grafis ini bisa dibuka hingga 360 derajat dan bisa dipergunakan sebagai laptop, tablet, atau tent yang dilengkapi layar sentuh. Pekerjaan desain akan lebih fleksibel dilakukan dengan laptop layar sentuh.

Karena kamu akan lebih mudah untuk memperbesar atau memperkecil objek, memperbaiki objek, atau bahkan saat menggambar objek. Bobot yang ringan dan ramping membuat Acer Spin 5 mudah untuk dibawa ke mana-mana termasuk saat bertemu klien.

7. ASUS ZenBook Pro Duo

ASUS ZenBook Pro Duo. (Asus)

Asus Zenbook Pro Duo ini bisa dibilang yang paling kece. Apalagi dilengkapi dengan dua layar yang akan sangat berguna sekali untuk para desainer grafis.

Dengan adanya dua layar, tentunya akan mendukung kegiatan multitasking yang umumnya dilakukan oleh para desainer untuk mencari referensi desain, tanpa perlu menutup jendela kerja utamanya.

8. Apple MacBook Pro 15

Apple Macbook Pro 15 Touch Bar. (Apple)

Laptop Apple Macbook terkenal dengan performanya yang mampu mendukung berbagai kebutuhan desain grafis. Makanya kebanyakan desainer grafis memilih laptop keluaran Apple ini untuk pekerjaan mendesain.

Apple Macbook Pro 15 inch mampu mendukung tugas-tugas mendesain yang berat karena spesifikasinya yang sangat mumpuni, terutama pada kapasitas RAM dan baterainya. Macbook Pro generasi 9 ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7.

Tampilan layar Apple Macbook Pro 15 Inch ini tajam dan detailnya sangat memanjakan mata, berkat kartu grafis Iris Pro Graphics dengan memori RAM 16GB besar. Ini akan membuat mata tidak mudah Lelah, sehingga nyaman dipakai seharian.

9. ASUS ZenBook Pro 14 UX480

ASUS ZenBook Pro 14 UX480. (Asus)

Asus ZenBook Pro 14 dilengkapi dengan layar berukuran 14 inci beresolusi 4K. Menjadikannya masuk dalam daftar laptop untuk desain grafis terbaik. Layarnya mengadopsi teknologi NanoEdge yang membuat bezelnya tipis sekali, hanya 5.2mm saja.

Rasio screen-to-body laptop Asus ini mencapai 86 persen, untuk memberikan kenyamanan saat penggunaan. Sebagai laptop yang dibuat untuk penggunaan secara profesional, ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini didukung dengan prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Kalau kamu memilih laptop ini, dijamin semua pekerjaan desain grafis akan terasa mulus.

10. Microsoft Surface Pro 6

Microsoft Surface Pro 6.(Microsoft)

Microsoft Surface Pro 6 memiliki fitur dan performa yang dibutuhkan oleh mahasiswa desain grafis. Microsoft Surface Pro 6 yang dirilis pada tahun 2018 ini masih menjadi produk yang bisa diandalkan oleh para desainer grafis, apalagi karena performanya lebih cepat dari versi sebelumnya (Surface Pro 2017).

Selain itu, daya tahan baterainya juga meningkat. Dari segi estetika, desain laptop Microsoft Surface Pro 6 sangat tipis, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ini sebuah keuntungan untuk pengguna yang sering berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya selama bekerja. 

Itulah sepuluh rekomendasi laptop untuk desain grafis yang menarik.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Ketahui Ini Perbedaan Macbook dan Laptop, Jangan Sampai Salah