Senin, 06 Desember 2021
Agung Pratnyawan : Sabtu, 25 September 2021 | 08:15 WIB

Hitekno.com - Inilah tips beli laptop bekas supaya kamu mendapatkan laptop bekas dengan kondisi yang masih sangat baik untuk menunjang aktivitas kamu. Laptop saat ini telah menjadi barang wajib yang harus dimiliki baik dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Oleh karena itu para produsen laptop selalu bersaing menciptakan dan merilis laptop terbaik dengan spesifikasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan para pengguna laptop. Namun semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop, maka semakin mahal juga harganya.

Kamu ingin beli laptop tapi budget kamu terbatas? Jangan khawatir! Karena beli laptop bekas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Harga laptop bekas lebih murah daripada laptop baru karena laptop bekas yang pernah dipakai mengalami penyusutan pada kondisi, fungsi maupun nilai guna laptop, maka dari itu harganya pun menurun.

Salah satu keuntungan beli laptop bekas adalah kamu bisa mendapatkan laptop spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Karena banyak yang menjual laptop bekas di pasaran dengan kondisi yang masih bagus, mulus, fungsi, dan spesifikasi juga hampir sama dengan laptop baru.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk beli laptop bekas, ada baiknya kalau kamu menyimak tips beli laptop bekas berikut ini agar tidak menyesal setelah membeli laptop bekas :

1. Beli di tempat terpercaya

Agar terhindar dari modus penipuan, sebaiknya kamu beli laptop bekas di e-commerce terpercaya atau kamu bisa mengunjungi toko barang elektronik secara langsung. Apabila kamu beli laptop bekas melalui online, kamu bisa memilih metode pembayaran COD (Cash on Delivery) sehingga proses pembayaran bisa dilakukan secara tunai setelah barang dikirim ke alamat kamu.

2. Cek harga

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas, kamu harus melakukan cek harga dari merk dan seri laptop yang kamu incar terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang sesuai. Harga laptop bekas turun sekitar 20% – 40% tergantung dari kondisi barang dan lamanya pemakaian.

Hati-hati kalau kamu menemukan harga yang terlalu murah karena bisa saja laptop yang dijual sudah rusak atau malah merupakan modus penipuan!

Ilustrasi laptop. (Pixabay/ Concord90 )

3. Masa pakai laptop

Laptop semakin lama digunakan pasti performa nya semakin menurun. Oleh karena itu sebaiknya kamu mencari laptop bekas yang berumur kurang dari satu tahun, selain performa yang dikhawatirkan semakin menurun apabila kamu membeli laptop yang berumur kurang dari satu tahun kamu juga masih mendapatkan garansi resmi dari produsen laptop tersebut.

Jika masih masuk dalam masa garansi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan karena masih ditanggung produsen atau distributor laptop tersebut.

4. Periksa hardware dan software laptop

Sebelum membeli laptop bekas sebaiknya kamu melihat kondisi laptop secara langsung dan melakukan pengecekan yang lebih teliti pada bagian hardware dan software laptop seperti :

  • Cek kondisi bodi laptop apakah ada lecet atau tidak
  • Periksa Layar LCD
  • Cek soket-soketnya yang terdiri dari colokan flashdisk, headphone, SD card dan kabel HDMI
  • Periksa juga slot DVD, ROM, fungsi semua tombol keyboard dan trackpad, webcam, cek koneksi nirkabel (wireless), serta kondisi suara dari speaker-nya.
  • Pastikan harddisk yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi dari pabrikannya
  • Tes kondisi baterai dan charger
  • Cek jenis dan ukuran RAM

5. Pastikan Tidak ada Virus

Sebelum membeli laptop bekas kamu perlu memastikan laptop tersebut bebas dari virus dan berjalan dengan baik sistem operasinya. Pastikan sistem operasi aktif dan cek juga keasliannya. Untuk mengecek adanya virus kamu bisa memakai antivirus yang terinstall di laptop tersebut, atau kamu juga bisa menginstall antivirus kepercayaan kamu di laptop yang akan dibeli.

Kalau laptop yang tersebut tidak memiliki aplikasi antivirus, kamu bisa cek dengan menggunakan Windows Defender apabila laptop tersebut sedang memakai sistem operasi Windows.

Itulah beberapa tips beli laptop bekas yang bisa kamu gunakan saat ingin membeli laptop bekas agar mendapatkan laptop bekas dengan kondisi yang bagus. Kalau kamu memiliki budget terbatas tidak ada salahnya ya membeli laptop bekas, yang penting kamu harus teliti ya sebelum membeli!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Lenovo IdeaPad Slim 5 Pro Rilis di Indonesia, Ini Deretan Fitur Premiumnya