Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 26 September 2021 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi PeduliLindungi dilaporkan segera mendapatkan update baru yang menambahkan fiturnya. Yakni nantinya bisa terhubung ke platform digital populer seperti Gojek, Grab, hingga Tokopedia.

Fitur baru yang hadir ke aplikasi PeduliLindungi ini disampaikan Setiaji selaku Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hal ini sekaligus menjadi jawaban untuk masyarakat yang tak bisa mengunduh PeduliLindungi karena memori penyimpanan smartphone mereka penuh.

"Kami bekerja sama dengan pihak-pihak itu untuk mengintegrasikan PeduliLindungi ke aplikasinya. Jadi aplikasi tersebut bisa dipakai mengakses PeduliLindungi," ujar Setiaji dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021).

Secara rinci, PeduliLindungi akan tersedia di aplikasi populer seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin by Mandiri, Cinema XXI, Link Aja!, Goers, dan Jaki.

Rencananya, pembaruan aplikasi PeduliLindungi akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Sementara untuk masyarakat yang tidak memiliki ponsel, Setiaji mengklaim bahwa pihaknya sudah mengintegrasikan PeduliLindungi di sejumlah tempat publik seperti bandara, stasiun, ataupun tempat wisata.

Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

"Seperti yang disampaikan, di tiga tempat itu sudah kami balik prosesnya. Misal di bandara itu sudah ada microsite, jadi hanya memasukkan NIK. Kalau naik kereta api, itu terintegrasi ke tiket. Lalu ada di tempat wisata juga," paparnya.

"Jadi tanpa HP pun sudah bisa. Ada hasil tesnya juga," tambah Setiaji.

Selanjutnya, Setiaji mengatakan UI dan UX PeduliLindungi akan segera diperbaiki. Ini menjadi jawaban dari keluhan masyarakat yang menyebut tampilan PeduliLindungi membuat mereka pusing.

"Dengan begitu, semua fitur baru ini akan bisa diakses di aplikasi versi baru tersebut." pungkasnya.

Itulah update aplikasi PeduliLindungi yang akan hadir Oktober nanti dengan pembaruan fitur baru untuk terhubung ke platform digital populer. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Grab Indonesia dan OVO Donasikan Rp 1,5 Miliar untuk Berbagai Komunitas