Senin, 29 November 2021
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Laptop kamu bermasalah, loading lama, mulai turun kinerjanya? Kamu di tempat yang tepat, karena artikel ini mengulas bagaimana cara mengatasi laptop lemot yang bisa dilakukan sendiri.

Di era digital ini laptop merupakan benda yang masuk dalam kebutuhan primer. Laptop juga dinilai lebih praktis dari komputer. Meski lebih praktis dari komputer, laptop pun bisa menjadi lemot.

Laptop lemot seringkali menghambat produktivitas kamu. Hampir semua orang pasti pernah mengalami kinerja laptop yang menurun dan lemot.

Jika hal ini terjadi, jangan buru-buru mengganti dengan laptop baru. Karena, layaknya produk elektronik lain, laptop juga bisa mengalami penurunan performa, dan ini merupakan hal yang wajar, walaupun spesifikasinya tinggi. Terlebih jika settingan pada laptop kurang maksimal.

Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah install ulang, atau reset Windows. Sebenarnya banyak cara lain seperti mengurangi beban RAM dengan uninstall software tak dibutuhkan, atau melakukan berbagai pembersihan di drive C, namun kadang laptop sudah sangat lambat.

Berikut cara mengatasi laptop lemot yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)

Cara Mengatasi Laptop Lemot

  1. Cek Ruang Harddisk
    Sangat penting untuk memastikan ada ruang bebas 15% di hard disk. Jika kamu mendapat harddisk mulai penuh, hapus beberapa program dan file bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kecepatan.
  2. Tutup Tab yang Tidak Terpakai
    Jika kamu bekerja dengan proyek besar, maka sangat mungkin kamu membuka banyak tab dan lupa untuk menutup tab yang tidak terpakai. Padahal menutup tab tersebut bisa membuat kerja laptop lebih cepat. Cara mengatasi laptop lemot juga jangan lupa refresh browser.
  3. Hapus File Tidak Terpakai
    File sementara yang digunakan untuk proses instalasi, caches dan cookies dari internet juga memperberat kerja laptop. Untuk Mac, install aplikasi CCleaner untuk mengetahui temporary files dan menghapusnya. Untuk PC, klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.
  4. Restart Laptop
    Restart laptop bisa menyegarkan memori dan bisa memberikan peluang untuk update install. Jika kamu menggunakan laptop terus menerus secara nonstop, baiknya restart sekiranya satu minggu sekali untuk memastikan laptop berjalan lancar.
  5. Backup data
    Coba bantu kinerja laptop dengan mulai backup data dengan memberi hard disk eksternal. Kamu juga boleh memanfaatkan layanan online Google Photos, Amazon Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan begitu, RAM aman dan OS berjalan lebih baik.

Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data

  1. Pada kolom pencarian di bagian kanan 'Start', maka ketik ‘Reset this PC’. Nantinya, akan muncul hasil pencarian tersebut dan klik ‘Open’.
  2. Klik tombol ‘Get started’ di bawah tulisan 'Reset this PC'.
  3. Jika kamu ingin file tidak terhapus setelah di-reset, pilih ‘Keep my file’. Jika kamu ingin menghapus seluruh data sekaligus, klik ‘Remove Everything’.
  4. Cara mengatasi laptop lemot Selanjutnya, pilih ‘Local reinstall’.
  5. Sebelum melanjutkan proses, ubah pengaturan terlebih dahulu dengan klik ‘Change settings’.
  6. Pilih ‘Restore apps and settings which came with this PC’ menjadi ‘Yes’ untuk mempertahankan aplikasi bawaan yang sudah diinstal sebelumnya, lalu klik ‘Confirm’.
  7. Jika pengaturan reset sudah sesuai, klik ‘Next’.
  8. Kamu bisa melihat apa saja aplikasi yang hilang setelah proses reset selesai. Cara mengatasi laptop lemot, klik ‘View apps that will be removed’, kemudian klik ‘Back’ untuk melanjutkan proses reset.
  9. Terakhir, pilih ‘Reset’. Proses reset selesai ditandai dengan komputer melakukan restart.

Ilustrasi wanita mengakses internet dengan laptop. (Pakutaso)

Jika mengalami masalah dengan laptop kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini:

  1. Refresh laptop kamu untuk menginstal Windows ulang serta menyimpan file dan pengaturan pribadi. Refresh juga mempertahankan aplikasi yang disertakan dengan PC dan aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store.
  2. Reset laptop kamu untuk menginstal Windows ulang tanpa menghapus file, pengaturan, dan aplikasi kecuali aplikasi yang disertakan dengan laptop.
  3. Pulihkan laptop kamu untuk membatalkan perubahan sistem terbaru yang dibuat.

Jika kamu mengalami masalah saat memulai (melakukan booting) laptop, lihat Windows Startup Pengaturan (termasuk mode aman), dan masuk ke bagian "Masuk ke Windows Startup Pengaturan di bagian Lingkungan Pemulihan Windows".

Kamu dapat merefresh, mengatur ulang, atau memulihkan laptop Windows Pemulihan. Jika kamu ingin mencadangkan dan memulihkan file pribadi kamu menggunakan Riwayat File, lihat Menyiapkan drive untuk Riwayat File.

Itulah cara mengatasi laptop lemot seperti baru lagi. Selamat mencoba!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi AMD dan MediaTek, Kembangkan Modul WiFi 6E untuk Laptop dan PC