Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 03 Oktober 2021 | 14:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek resmi meluncurkan seri konektivitas Filogic baru sebagai solusi system-on-chip (SoC) dengan menawarkan konektivitas handal dan cepat.

Kedua solusi ini adalah MediaTek Filogic 830 Wi-Fi 6/6E dan kartu jaringan (Network Interface Card/NIC) MediaTek Filogic 630 Wi-Fi 6E. 

Seri Filogic baru dari chipset Wi-Fi 6/6E berperforma tinggi dari MediaTek ini menyediakan konektivitas yang andal, kemampuan komputasi yang tinggi, dan serangkaian fitur dalam desain yang sangat terintegrasi dan hemat daya. 

"Seri MediaTek Filogic mengantarkan era baru solusi Wi-Fi pintar dengan kecepatan tinggi, latensi rendah, dan efisiensi daya yang luar biasa untuk pengalaman yang mulus dan selalu terhubung," kata Alan Hsu, Corporate Vice President & General Manager, Intelligent Connectivity di MediaTek.

"Chipset baru ini menyediakan fitur terbaik di kelasnya dengan desain yang sangat terintegrasi untuk solusi broadband, enterprise, dan ritel Wi-Fi premium generasi berikutnya." lanjutnya.

MediaTek Filogic 830

Filogic 830 mengemas beragam fitur ke dalam SoC 12nm berdaya ultra-rendah yang ringkas, yang memungkinkan pelanggan merancang solusi berbeda untuk router, access point, dan sistem mesh.

SoC ini mengintegrasikan empat prosesor Arm Cortex-A53 yang bekerja hingga 2GHz per core untuk daya pemrosesan hingga +18.000 DMIP, dual 4x4 Wi-Fi 6/6E untuk konektivitas hingga 6Gbps, dua interface Ethernet 2,5 Gigabit dan sejumlah interface periferal.

Mesin akselerasi perangkat keras bawaan MediaTek Filogic 830 untuk offloading dan jaringan Wi-Fi ini memungkinkan konektivitas yang lebih cepat dan lebih andal. Selain itu, chipset ini juga mendukung teknologi MediaTek FastPath untuk aplikasi dengan latensi rendah seperti game dan AR/VR.

MediaTek Filogic 630

Chip Filogic 630 adalah solusi Wi-Fi 6/6E NIC yang mendukung dual-band, dual-concurrent 2x2 2.4GHz dan 3x3 5GHz atau 6GHz hingga 3Gbps. Chipset ini mendukung sistem 3T3R 5/6GHz yang unik dengan front-end modules (FEMs) internal yang memberikan jangkauan yang setara atau lebih baik daripada solusi 2T2R dengan FEMs eksternal.

Desain yang sangat terintegrasi ini membantu menurunkan biaya bill of material (BOM), sekaligus memungkinkan desain yang lebih ramping dengan area frontend RF yang kecil. Antena ketiga Filogic 630 memungkinkan kemampuan transmisi beamforming yang unggul serta peningkatan keragaman.

MediaTek Filogic 630 mendukung interface seperti PCIe, yang memungkinkannya digabungkan dengan Filogic 830 untuk solusi konektivitas tri-band untuk gateway broadband, enterprise access points, dan router ritel dengan kecepatan dan kapasitas bandwidth yang lebih tinggi.

MediaTek memiliki portofolio Wi-Fi terluas dan merupakan pemasok Wi-Fi No. 1 di seluruh broadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game. Portofolio Wi-Fi MediaTek mendukung ratusan juta perangkat setiap tahun.

Selama bertahun-tahun, MediaTek telah bekerja sama dengan Wi-Fi Alliance untuk memastikan portofolio konektivitas MediaTek mendukung fitur Wi-Fi terbaru. Pada Januari 2021, MediaTek terpilih menjadi tempat pengujian untuk Wi-Fi 6E, sertifikasi terbaru dari Wi-Fi Alliance untuk perangkat Wi-Fi CERTIFIED 6 dengan dukungan 6GHz.

Wi-Fi 6E menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya, termasuk latensi yang lebih rendah serta kapasitas dan kecepatan tambahan.

Perangkat yang menggunakan koneksi Wi-Fi 6 di 6GHz dirancang untuk menggunakan saluran 160 MHz yang lebih lebar dan bandwidth yang tidak padat dalam 6GHz untuk menghadirkan Wi-Fi multigigabit dengan latensi rendah, memberikan pengalaman konektivitas yang dapat diandalkan untuk aplikasi seperti streaming, game, AR/VR, dan banyak lagi.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity 8200-Ultra Jadi Kunci Penting Xiaomi 13T Memiliki Pemrosesan Gambar Canggih