Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 Oktober 2021 | 14:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Signal dan Telegram dilaporkan mengalami lonjakan jumlah download dan perdaftaran pengguna baru ketika layanan WhatsApp down.

Seberi dilaporkan sebelumnya, layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook down, Senin (4/10/2021) malam.

Dilansir Bloomberg, Selasa (5/10/2021), jutaan pengguna baru dilaporkan telah bergabung ke Signal saat WhatsApp down kemarin.

Sementara untuk Telegram, melonjak ke atas dalam data unduhan iPhone AS, menurut Sensor Tower.

"Jutaan pengguna baru telah bergabung ke Signal hari ini dan fitur pesan maupun panggilan kami mulai aktif. Tapi beberapa orang tidak melihat semua kontak teman mereka muncul di Signal. Kami sedang bekerja keras untuk memperbaikinya," ujar Signal lewat akun Twitter.

Cuitan Signal. [Twitter]

Facebook, Instagram, dan WhatsApp down selama kurang lebih enam jam. Ini berdampak pada 2,7 miliar pengguna layanannya yang tersebar di seluruh dunia.

Alhasil gangguan ini menjadi keuntungan bagi media sosial lain. Twitter misalnya, media sosial ini menjadi alternatif pengguna untuk mencuitkan keluhannya.

Bahkan CEO Twitter, Jack Dorsey mengunggah tweet untuk mengajak pengguna beralih ke Signal sebagai alternatif WhatsApp.

Signal adalah aplikasi perpesanan yang fokus pada privasi. Dalam kebijakannya, Signal mengklaim tidak mengumpulkan data apapun tentang penggunanya.

Dengan begitu, mereka bisa menghindari apabila pemerintah menekan Signal untuk mengungkap data pribadi pengguna. Signal pun menjadi aplikasi favorit untuk melakukan percakapan secara aman.

Ketika WhatsApp down kemarin, apakah kamu juga berpaling ke layanan chat lainnya? Ke Telegram atau ke Signal? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Telegram Siap Hadirkan Fitur Stories pada Aplikasinya, Mulai Kapan?