Senin, 06 Desember 2021
Agung Pratnyawan : Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:27 WIB

Hitekno.com - Sebuah video TikTok viral di media sosial menunjukkan aksi terkaget-kaget seseorang dengan laptopnya yang telah memakai SSD. Betapa herannya ia ketika laptop pakai SSD miliknya beraksi.

Pada video viral tersebut meniru ekspresi seseorang yang kali pertama menggunakan SSD alias Solid State Drive pada perangkat laptop miliknya.

Pria yang ada dalam video terkaget-kaget ketika mengetahui laptop miliknya mati dengan cepat hanya setelah beberapa detik ia menekan tombol shut down.

Padahal biasanya, butuh waktu beberapa saat buat laptop untuk benar-benar mati ketika penggunanya sudah menekan tombol shutdown.

"Pertama kali pakai SSD pas matiin laptop," tulisnya, ketika laptopnya mati dengan cepat, ia pun tertegun.

"Loh, kok matinya cepet banget? tadi pencet shut down atau sleep ya," tambahnya dalam video viral di media sosial.

Wajar saja, dalam dunia per-komputeran, SSD yang punya harga lebih mahal, memberikan performa yang lebih baik ketimbang HDD. 

Pengguna heran laptop pakai SSD bisa seperti ini. (TikTok/ revisiholic)

SSD merupakan media penyimpanan berbasis sirkuit yang terusun atas beberapa chip memori yang saling terintegrasi tanpa adanya piringan cakram.

Jika dibandingkan dengan HDD, sejatinya SSD memiliki fungsi yang sama, hanya saja arsitektur SSD lebih handal serta lebih tahan goncangan ketika diajak untuk berpergian.

Salah satu kelebihan SSD adalah kinerjanya yang cepat dan tidak berisik, terutama jika digunakan untuk ngegame.

Ya, para pengguna PC maupun laptop yang bertenaga HDD tentu sudah sangat familiar dengan suara berisik yang ditimbulkan dari komponen mekanik.

Sementara laptop yang sudah menggunakan teknologi Solid State Drive (SSD) jauh lebih pelan dan tidak cepat panas karena tidak ada komponen yang bergerak.

Perfoma yang tinggi ini membuat laptop pakai SSD punya loading lebih cepat. Baik saat menyalakan hingga mematikan atau Shutdown.

"HDD the best dong, nyalainnya bisa sambil bikin kopi, bikin sarapan, nah pas dateng lagi nyala deh," sindir salah satu netizen TikTok.

"Yang masih pakai HDD, nunggu laptop mati bisa sambil bangun rumah tangga," timpal yang lainnya.

Tonton video pengguna laptop pakai SSD heran DI SINI.

Kalau laptop kamu udah pakai SSD atau masih HDD nih? Atau sama sekalu belum pernah merasakan laptop pakai SSD seperti dalam video viral di meida sosial tersebut?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Dikira Obat, Wanita Ini Tak Sengaja Telan AirPods