Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui tips merawat laptop gaming agar awet dan tahan lama. Terutama untuk menjaga agar laptop tetap menjalan dengan performa tertingginya.

Di era digital ini laptop merupakan benda yang masuk dalam kebutuhan primer. Meski begitu, harga laptop tidak lah murah. Tak heran jika tips merawat laptop wajib kamu ketahui, khususnya laptop gaming.

Sebagian orang beranggapan bahwa laptop gaming punya daya tahan yang lebih besar dari laptop biasa. Sebab, laptop gaming sudah dilengkapi komponen dengan spesifikasi tinggi.

Perawatan dan pemeliharaan laptop gaming bertujuan untuk menjaga baik hardware maupun software tetap awet dan kinerja laptop tetap optimal. Percuma punya laptop yang mumpuni tapi performa dan kinerjanya sama dengan laptop biasa. Tanpa disadari banyak kebiasan buruk yang dapat laptop kesayangan kamu.

Agar laptop berumur Panjang, berikut tips merawat laptop gaming yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Tips Merawat Laptop Gaming Agar Berumur Panjang

1. Gunakan sistem pendingin tambahan

Laptop cooler Notepal X3. (Cooler Master)

Biasanya, laptop gaming yang beredar di pasaran sudah disertai dengan fan atau kipas yang mumpuni. Namun, sama seperti kipas pada laptop lain, perangkat tersebut pasti punya masa pakainya. Lama kelamaan, penggunaan yang terus-menerus akan membuat laptop menjadi mudah panas.

Kamu harus memeriksa keadaan kipas laptop gaming kamu. Apakah kipas tersebut masih berfungsi dengan normal atau tidak. Selain itu, kamu juga wajib memeriksa tingkat kebersihannya. Selain rutin memeriksa kondisi kipas laptop, kamu juga bisa menggunakan kipas tambahan atau eksternal.

Semakin lama umur laptop yang kamu gunakan, tentu performanya tidak sebaik saat pertama kali dibeli.

2. Gunakan laptop dengan baik

Laptop gaming Redmi G 2020. (Xiaomi)

Tanpa disadari cara kamu menggunakan sesuatu berpengaruh terhadap daya tahan barang tersebut. Sebisa mungkin hindari penggunaan yang 'jorok'. Selain itu, jangan menggunakan laptop di atas kasur. Sebab, hal itu akan menutup lubang ventilasi laptop dan akan membuat laptop kamu jadi lebih gampang panas.

Jangan terlalu banyak memindah-mindahkan laptop yang memakai hard disk karena hal tersebut akan berdampak pada tergoresnya platter. Tak hanya itu saja, sebisa mungkin hindari mengisi daya baterai saat laptop sedang digunakan. Sebab hal tersebut berpotensi untuk memperpendek umur dari baterai dan akan membuatnya bocor.

3. Bersihkan laptop secara rutin

Ilustrasi laptop Surface. (Pixabay/ athree23)

Meski terkesan sepele, nyatanya hal ini punya porsi penting pada umur laptop kamu. Namun sayang, masih banyak pengguna yang kurang memperhatikan kebersihan laptopnya. Padahal bersih-bersih laptop adalah hal penting yang wajib kamu lakukan. Tak perlu setiap hari, kamu bisa melakukan 'servis' berkala setiap satu tahun sekali.

Tidak hanya bagian luar, kamu juga wajib membersihkan komponen-komponen penting di dalam laptop. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pelapisan ulang prosesor dan VGA, serta pengecekan software.

4. Perhatikan waktu pemakaian

Tidak bisa dimungkiri, bermain game memang bisa bikin kita lupa waktu. Namun laptop kamu juga harus diistirahatkan secara berkala. Tak hanya baik buat laptop, tapi juga buat kesehatan kamu.

5. Jangan Habiskan Baterai Hingga 0%

Ilustrasi main game di Laptop. (Pixabay)

Kebiasaan buruk kita adalah sering menggunakan laptop hingga baterainya habis, baru kemudian diisi kembali. Padahal, itu adalah kebiasaan yang sangat salah. Laptop dan baterai memiliki batas usia pakai, batas tersebut bisa lebih panjang atau pendek tergantung dari pemakaian penggunaan.

Untuk membantu kamu, jangan abaikan notifikasi pengingat jika baterai laptop sudah mau habis. Umumnya, laptop akan memberikan notifikasi pengingat charge baterai jika sudah berkapasitas di bawah 10%.

6. Buat Baterai Laptop Selalu Terisi

Laptop gaming Acer Nitro 5. (Acer)

Tingkat terisinya daya juga turut ambil bagian yang penting bagi awet atau tidaknya sebuah baterai laptop non-removable. Produsen laptop asal AS, yaitu Hewlett Packard (HP) bahkan merekomendasikan bahwa baterai laptop setidaknya harus menyimpan 50% sampai 70% daya ketika disimpan dalam suhu 20 hingga 25 derajat Celcius.

Jika kamu tidak menggunakan laptop beberapa waktu yang cukup lama, seperti karena liburan atau urusan lainnya. Selalu pastikan bahwa baterai laptop tanam kamu tetap terisi antara 50% sampai 70%. Jangan ketika kamu menggunakan laptop itu kembali, baterainya malah bermasalah.

7. Perhatikan Waktu Melakukan Charge

Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)

Laptop keluaran terbaru sudah dibuat untuk mampu menjaga aliran daya ke baterai secara otomatis agar tidak kelebihan daya atau over charge. Satu hal yang harus diperhatikan adalah efek panas berlebih yang pasti didapat ketika melakukan charge seharian ke laptop.

Untuk itu, cobalah untuk mengatur suhu ruangan serta gunakan cooling pad atau vacuum cooler untuk membantu mengatur suhu laptop.

Dengan informasi tips merawat laptop gaming di atas, kamu bisa menjaga dengan baik laptopmu dan mendukung pelaksanaan WFH kamu. Selamat bekerja dan belajar.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Laptop Lenovo Bekas yang Masih Wort It Dibeli Tahun 2024