Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 08 November 2021 | 18:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony Alpha 7 IV menjadi kamera baru andalan perusahaan ini. Kamera dengan sensor full frame 33 megapiksel ini hadir dengan dua flash baru, Sony HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM.

Produk-produk ini menjadi tiga tambahan baru pada jajaran produk pencitraan Sony. Kamera Sony Alpha 7 IV menampilkan banyak teknologi pencitraan tercanggih Sony termasuk mesin pemrosesan BIONZ XR terbaru dan kemampuan AF (autofokus) canggih berdasarkan model Alpha 1.

Dikombinasikan dengan pengoperasian yang disederhanakan serta keandalan yang ditingkatkan untuk foto dan film, Sony Alpha 7 IV mengubah standar yang ditetapkan oleh model sebelumnya sebagai kamera serba guna yang sempurna untuk penggemar foto dan video, baik pemula maupun profesional.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengatakan, "Dengan Alpha 7 III, kami menetapkan dasar untuk apa yang harus diberikan oleh kamera full frame, dan sekarang saatnya untuk mendefinisikan kembali batasan tersebut. Alpha 7 IV menyatukan teknologi pencitraan Sony terbaik untuk menghadirkan pengalaman fantastis baik dalam foto maupun video, yang berarti bahwa pengguna akan dapat menangkap konten yang mereka inginkan dengan tepat, dalam situasi apapun yang mereka hadapi. Alpha 7 IV juga menawarkan resolusi 33 MP, ekspresi film yang kaya, dan berbagai fitur untuk mendukung permintaan komunikasi jarak jauh yang terus meningkat, menghadirkan standar baru dalam sebuah kamera."

Kamera ini dirancang dengan sempurna untuk berbagai pengguna mulai dari profesional dan amatir kelas atas hingga pengguna tingkat pemula yang ingin mendalami fotografi dan videografi dengan kamera mirror-less digital.

Dengan teknologi yang semakin canggih, mulai dari para photo enthusiast hingga semi pro content creator dan terutama mereka yang bekerja di industri pernikahan baik foto maupun video, dapat lebih mengeksplorasi kreativitas mereka dan mengekspresikan karya mereka secara bebas.

Sony Alpha 7 IV: Inovasi Tidak Pernah Berakhir

Sony Alpha 7 IV. (Sony)

Sony Alpha 7 IV adalah kamera hybrid terbaik yang dikemas dengan kualitas foto yang luar biasa dan teknologi video yang berkembang dengan autofokus canggih, pengoperasian dan kemampuan alur kerja yang ditingkatkan.

Model ini juga dikembangkan dengan mempertimbangkan lingkungan dengan menggunakan SORPLAS, plastik daur ulang asli Sony untuk bodi kamera dan kemasan dengan bahan yang dapat didaur ulang dan lebih sedikit plastik.

Kualitas gambar yang jadi andalan

Dengan sensor gambar Exmor R CMOS back-illuminated full frame 33MP yang baru dikembangkan, kualitas gambar superior dan rentang sensitivitas ISO Lebar yang dapat diperluas hingga ISO 50-204800 tercapai. Resolusi tinggi memungkinkan kamera untuk mengekspresikan gradasi halus, detail halus dan tekstur subjek sekaligus mengurangi noise.

Rentang dinamis 15-stop memungkinkan rentang ekspresif yang luas sementara pengaturan Tampilan Kreatif dapat membantu menciptakan tampilan orisinal dengan mudah baik untuk foto maupun video.

Performa AF tingkat berikutnya

Mesin pemrosesan terbaru BIONZ XR yang digunakan di kamera unggulan Alpha 1 menghadirkan AF kecepatan tinggi, pemotretan secara kontinu tanpa hambatan pada 10fps dengan pelacakan AF/AE dan buffer besar untuk pengalaman pemotretan yang mulus.

Kamera Sony Alpha 7 IV melacak subjek dengan Real-Time Tracking dengan 759 titik AF deteksi fase dalam sistem AF deteksi fase bidang fokus kepadatan tinggi yang mencakup sekitar 94% area gambar.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Real-time Eye AF kini dapat melacak mata burung dan hewan untuk foto dan film, selain manusia. Akurasi pendeteksian untuk wajah dan mata manusia juga sekitar 30% lebih baik, dibandingkan dengan Alpha 7 III.

Teknologi film yang berevolusi

Sony Alpha 7 IV mewarisi teknologi yang diambil dari produksi film dunia nyata termasuk S-Cinetone - diadopsi dari kamera Cinema Line Sony yang telah diakui dan digunakan oleh berbagai pembuat film serta pembuat konten untuk menghadirkan tampilan sinematik yang kaya.

Film berkualitas tinggi dicapai dengan perekaman 4K 60p dalam mode Super 35mm dan perekaman hingga 4K 30p dengan oversampling 7K dalam mode full frame. Kamera baru ini juga dilengkapi 10-bit depth 4:2:2 color sampling untuk memungkinkan gradasi alami, pengodean intra-frame XAVC S-Iuntuk alur kerja pengeditan yang lebih efisien dan XAVC HS untuk efisiensi kompresi dua kali lipat.

Untuk memenuhi kebutuhan kinerja AF yang presisi saat merekam video, fitur AF unik dicapai saat menggunakan Alpha 7 IV dengan lensa Sony E-mount, termasuk AF Assist yang mendukung transisi fokus saat menggunakan AF dan Focus Map yang memvisualisasikan depth of field.

Untuk pertama kalinya dalam seri Alpha, kamera baru ini memiliki fitur Breathing Compensation untuk memerangi focus breathing dan mempertahankan sudut pandang yang konsisten selama perubahan fokus serta dapat dinyalakan atau dimatikan.

Pengoperasian tingkat lanjut sebagai model hybrid asli

Sony Alpha 7 IV adalah kamera hybrid foto dan film dengan pengoperasian serta keandalan luar biasa yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari foto ke video dan sebaliknya.

Baru diperkenalkan pada jajaran kamera Alpha Sony adalah dial mode lapisan ganda dengan lapisan bawah untuk memilih Still/Movie/S&Q dan lapisan atas untuk Auto/P/A/S/M dan MR (Memory Recall), memungkinkan pengguna untuk cepat memilih di antara pengaturan khusus.

Kamera ini juga memiliki stabilisasi gambar optik dalam bodi 5-sumbu untuk keunggulan kecepatan rana 5,5 step, serta pegangan yang ditingkatkan untuk kenyamanan yang lebih besar dan slot media yang kompatibel dengan CFexpress Tipe A untuk mendukung media dengan penulisan dan waktu tunggu yang lebih cepat.

Selain itu, jendela bidik OLED Quad-VGA 3,68 juta titik (perkiraan) adalah 1,6 kali resolusi jendela bidik Alpha 7 III, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kualitas gambar tampilan langsung yang ditingkatkan yang meminimalkan warna palsu dan meningkatkan resolusi.

Videografer dapat merekam video 4K 60p 10-bit 4:2:2 terus menerus selama lebih dari satu jam berkat struktur peredam panas kamera. Stabilisasi gambar Optical 'Active Mode' membantu perekaman video yang optimal. Mereka juga dapat memanfaatkan monitor LCD belakang panel sentuh vari-angle bukaan samping tipe 3.0 1,03 juta-titik, tombol REC panel atas dan baterai seri Z berkapasitas tinggi.

Bodi Alpha 7 IV dibuat dengan paduan magnesium untuk mencapai kekokohan sekaligus meminimalkan bobotnya. Selain itu, struktur yang didesain ulang dan tombol pengunci lensa berkontribusi pada peningkatan ketahanan terhadap debu dan kelembapan.

Kemampuan alur kerja yang ditingkatkan

Dengan menawarkan berbagai pilihan konektivitas, Alpha 7 IV memungkinkan streaming langsung dan berbagi konten berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh yang terus meningkat secara real-time tanpa mengorbankan kualitas gambar dan suara yang sangat baik.

Sambungan antara kamera dan aplikasi seluler Imaging Edge Mobile disederhanakan melalui Bluetooth, dan transfer data cepat dimungkinkan dengan Wi-Fi 2.4 GHz.

Kamera juga memiliki fitur baru yang disebut "Shot Mark" untuk memungkinkan akses mudah ke adegan yang ditandai dalam klip video, di dalam kamera, dan pada aplikasi Catalyst Browse/Prepare Sony.

Terlebih lagi, kamera ini memiliki berbagai fitur baru untuk mendukung live streaming dan komunikasi jarak jauh tanpa memerlukan perangkat lunak khusus. UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class) mengubah Alpha 7 IV menjadi kamera live streaming berperforma tinggi saat terhubung ke komputer atau smartphone.

Kualitas gambar tinggi seperti 4K 15p dan 1080 FHD 60p menghadirkan video realistis untuk berbagi jarak jauh dan antarmuka audio digital Alpha 7 IV dapat dipasangkan dengan berbagai mikrofon dan aksesori untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan

Menurut upaya lingkungan Sony berdasarkan "Road to Zero", lingkungan merupakan faktor penting dalam pengembangan desain, produksi, dan pengemasan Alpha 7 IV.

Kamera menggunakan plastik daur ulang, SORPLAS, yang tidak bergantung pada sumber daya tak terbarukan dan diproduksi di lokasi menggunakan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya. Kemasan produk juga mengadopsi bahan-bahan yang dapat didaur ulang dari plastik.

HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM: Flash yang kuat untuk evolusi Sistem Pencahayaan Alpha

Flash Sony HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM . (Sony)

HVL-F60RM2 dengan cakupan GN 60 dan 20-200mm serta HVL-F46RM dengan GN 46 dan 24-105mm adalah flash nirkabel dengan kekuatan besar yang menawarkan kontrol presisi, peningkatan kecepatan tinggi, dan pengoperasian intuitif.

Mereka dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembuat konten profesional dan tingkat lanjut saat memotret dengan kamera Sony Alpha, termasuk Alpha 7 IV, untuk menawarkan Sistem Pencahayaan Alpha terbaik melalui flash dan kamera yang berkomunikasi secara total antara satu sama lain. 

Kedua flash telah meningkatkan kinerja pemotretan beruntun dengan flash, hingga 200 kali pada 10 frame per detik untuk HVL-F60RM2 dan 60 kali untuk HVL-F46RM.

Algoritme flash yang dioptimalkan memastikan kedua flash tahan panas berlebih, dan satu set empat baterai Ni-MH (Nickel-metal hydride) dapat memberi daya hingga 240 flash dengan waktu daur ulang 1,7 detik untuk HVL-F60RM2 dan hingga 320 flash dengan waktu daur ulang 2,0 detik untuk HVL-F46RM.

Ketika digunakan dalam kombinasi dengan kamera Alpha, mereka memungkinkan pengguna untuk merasakan manfaat komunikasi yang baik dari Sistem Pencahayaan Alpha. Misalnya, dengan Alpha 7 IV, pengukuran kontrol flash P-TTL untuk setiap frame di Mid, dan mode kontinu Hi telah dimungkinkan selain mode kontinu Lo. Jeda waktu pelepasan flash juga dipersingkat untuk menangkap ekspresi wajah sesaat dan gerakan subjek.

Saat Alpha 1 digunakan dengan flash Sony termasuk HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM, pengguna dapat menyinkronkan kecepatan rana hingga 1/400 detik untuk memperluas kemampuan ekspresif saat memotret dalam mode full frame. Selain itu, dengan rana elektronik senyap pada kamera, pemotretan flash senyap dapat dilakukan saat keheningan mutlak diperlukan.

Manfaat sistem lainnya dari HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM dengan kamera Alpha meliputi:

  • Parameter flash dikontrol langsung dari menu kamera yang kompatibel
  • Kontrol flash terkait dengan deteksi wajah kamera
  • Koreksi otomatis keseimbangan putih berdasarkan informasi suhu warna dari flash

Kedua flash juga memiliki peningkatan ketahanan dan pengoperasian. Multi-Interface shoe dengan logam unik Sony dengan rangka samping yang kokoh meningkatkan kekuatan dan keandalan secara signifikan. Shoe sealing membantu produk ini menjadi lebih tahan debu dan kelembapan.

Mekanisme rotating head asli HVL-F60RM2, "Quick Shift Bounce" yang memungkinkan pemosisian fleksibel dan kontrol pencahayaan optimal juga telah ditingkatkan untuk mencegah perubahan sudut pantulan yang tidak diinginkan.

Produk terbaru ini mendukung komunikasi radio nirkabel dan dapat mengontrol hingga 15 flash dan/atau unit penerima dalam 5 grup melalui komunikasi radio nirkabel untuk meningkatkan keserbagunaan kontrol pencahayaan.

Harga dan ketersediaan produk akan diumumkan segera pada acara peluncuran Sony Alpha 7 IV mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Calon HP Lipat Anyar, Begini Desain Sony Xperia Compact