Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 November 2021 | 14:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah postingan curhatan netizen ramai menjadi sorotan, bahkan penampakannya sampai viral di media sosial. Nampak dalam postingan di Facebook, pria ini memamerkan banyak kartu grafis atau VGA bekas mining.

Melihat penampakan ratusan VGA bekas mining tersebut, banyak netizen lain yang ingin memborongnya. Padahal, ada plus dan minus ketika kamu membeli VGA bekas mining.

Kisah berawal dari salah seorang anggota grup Indonesia PC Builder Forum (official) yang memposting foto ratusan VGA bekas miliknya

Bukan untuk dijual, anggota grup tersebut sebenarnya ingin memperbaiki ratusan VGA bekas mining miliknya tersebut dan mencari tukang service yang bisa melakukannya.

"Ada nggak kira-kira tukang service VGA? Ini adalah 120 VGA 1050 ti bekas mining tapi gak detect di mobonya" tulis pengguna tersebut dalam postingan viral di media sosial.

Alih-alih menawarkan diri sebagai tukang servis, anggota grup lain justru beramai-ramai ingin memborong VGA bekas milik pengguna tersebut.

Harga yang ditawarkan netizen pun bermacam-macam, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp110 ribu.

Penampakan Ratusan VGA Bekas Mining. (Facebook)

Namun, tak sedikit pula netizen yang justru menyarankan agar membuat VGA bekas mining dalam postingan viral di media sosial tersebut ke tukang loak elektronik.

"10 ribu gak, gue borong semua," tulis salah satu netizen.

"Antri 110 ribu deh, share loc kalau boleh."

"Harusnya sih dijual ke tukang sampah elektronik," tambah yang lain.

Risiko Beli VGA Bekas Mining

Memang, ada plus minus yang perlu kamu ketahui tentang VGA bekas mining ini. Banyak orang percaya jika VGA bekas mining bakal punya kinerja yang tidak maksimal.

Ini dikarenakan kartu grafis yang seharusnya dipakai untuk memberikan kinerja extra dalam komputasi atau perhitungan kriptografi, dipaksa untuk mencari uang.

Terlebih dalam operasi mining kripto, VGA tersebut bekerja tanpa henti berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Yup, kinerja VGA yang seharusnya kasual kini diperas sepenuhnya sebagai mesin penghasil uang seolah tanpa ada jeda waktu.

Meski demikian, bukan berarti kartu grafis atau VGA bekas mining benar-benar tak layak dipakai kembali ya.

Penampakan Ratusan VGA Bekas Mining. (Facebook)

Beberapa ahli mengatakan jika VGA bekas mining tetap layak untuk dipertimbangkan asalkan perangkat tersebut tidak terlalu lama jatuh dalam genggaman mining.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk membeli VGA bekas mining, kamu bisa tanya terlebih dahulu berapa lama kartu grafis tersebut dipakai untuk mining.

Jika ternyata baru sebentar, kamu bisa jadi orang yang sangat beruntung karena bisa mendapatkan VGA berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah.

Itulah foto vial di media sosial soal penampakan VGA bekas mining yang ramai-ramai ingin diborong netizen.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Laptop Berumur Lebih dari Dua Tahun Biar Nggak Overheat