Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 26 November 2021 | 19:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat ini semakin banyak orang yang tertarik menggunakan smartphone untuk membuat konten foto atau video. Bahkan bisa membuat vlog pakai smartphone yang makin mudah.

Bukan hanya anak muda, kini kalangan orang dewasa pun kian banyak yang membagikan konten video mereka ke media sosial. Smartphone juga membantu mereka memproduksi video singkat yang dapat diakses dengan mudah melalui inovasi kamera, filter dan juga fitur editing.

Membuat konten vlog nyatanya tidak hanya untuk kebutuhan komersial saja. Kamu juga bisa membuat video singkat kegiatan sehari-hari atau video acara kumpul bareng sahabat dan keluarga dengan menggunakan kamera smartphone.

Berkut ini beberapa membuat vlog pakai Smartphone yang makin mudah.

Siapkan tripod

Sebagai alat tambahan agar kamu bisa nge-vlog, maka siapkan tripod. Perangkat pendukung fotografi dan videografi ini merupakan dudukan stabilisasi berkaki tiga yang memastikan posisi objek bidikan diam dan stabil sehingga hasil rekaman video lebih mulus.

Bikin stok video

Kamu perlu merekam beberapa video dari berbagai angle atau sudut pandang berbeda sebagai stock shot. Cara ini berguna ketika kamu sudah mulai melakukan proses editing. Kamu memiliki pilihan video dari angle yang beragam sehingga vlog buatanmu tidak terlihat membosankan.

Kosongkan memori smartphone

Untuk merekam video ditambah stok foto maka diperlukan kapasitas memori yang besar. Nah, kamu tidak perlu khawatir apabila menggunakan OPPO A16 karena menyediakan ruang penyimpanan data yang relatif besar.

 Smartphone ini memiliki pilihan RAM 3GB/4GB dan ROM 32GB/64GB, selain tersedia fitur penambahan memori eksternal dengan kartu microSD hingga 256GB.

Atur filter dan resolusi kamera

Sebelum membuat video, kamu perlu mengatur filter dan resolusi video sesuai dengan kebutuhan. Pada perangkat OPPO A16, kamu bisa memilih resolusi untuk video yaitu 720P/30fps atau 1080P/30fps. Untuk mengabadikan gambar, OPPO A16 menyediakan kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP.

Yang tak kalah penting, kamu juga perlu memperhatikan cahaya terbaik agar hasil video kamu tidak terlihat gelap. OPPO A16 didukung juga dengan Ultra Night Mode, Panorama, dan Dazzle Color yang bisa meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar sehingga menghadirkan efek lebih hidup pada video.

Edit video dengan aplikasi Smartphone

Untuk mengedit hasil rekaman video agar hasilnya terlihat kreatif, kamu bisa menggunakan aplikasi editor video yang banyak tersedia di Google PlayStore. Apabila kamu menggunakan OPPO A16, maka telah tersedia aplikasi video editor bawaan bernama Soloop.

Aplikasi yang bisa dipakai di ponsel berbasis ColorOS ini memudahkan penggunanya dalam menyunting video secara cepat dengan hasil lumayan apik. Selain itu, tersedia pula beragam filter, musik, tema, dan efek lain yang bisa diaplikasikan ke rekaman video.

Itulah bagaimana cara membuat Vlog pakai Smartphone yang kini makin mudah.

BACA SELANJUTNYA

Realme dan One Plus Disinyalir akan Luncurkan HP dengan RAM Tembus 24GB, Ngeri-Ngeri Sedap!