Senin, 27 Juni 2022
Agung Pratnyawan : Senin, 29 November 2021 | 20:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Inilah cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang harus kamu ketahui untuk menghilangkan aplikasi yang jarang kamu gunakan tanpa harus menghapus aplikasi tersebut dari HP Oppo kamu.

Selain itu cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo ini juga sangat berguna untuk menyembunyikan beberapa ikon aplikasi yang menyimpan data pribadi kamu agar saat HP kamu dipinjam oleh seseorang maka kamu tidak perlu khawatir lagi.

Oppo Electronics Corp adalah perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler yang berkantor pusat di Tiongkok dan dikenal dengan ponsel cerdas, pemutar Blu-ray dan perangkat elektronik lainnya.

Dan demi memberikan keamanan pada privasi kamu, Oppo menyediakan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menyembunyikan beberapa aplikasi tertentu sesuai dengan keinginan kamu.

Pada setiap HP tentu memiliki cara menyembunyikan aplikasi yang berbeda-beda, begitu juga dengan HP Oppo. Nah untuk cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo bisa kamu lakukan dengan terlebih dahulu mengaktifkan enkripsi aplikasi atau mengatur kata sandi privasi.

Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan pada HP Oppo kamu
  2. Kemudian buka menu Wajah & Kode Pas
  3. Setelah itu pilih Sandi Privasi
  4. Selanjutnya buat kata sandi privasi seperti sandi numerik, pola, atau alfanumerik
  5. Lalu pilih pertanyaan keamanan untuk menyelesaikan proses enkripsi
  6. Setelah itu buka kembali menu Setting atau Pengaturan
  7. Lalu pilih menu Keamanan
  8. Selanjutnya Enkripsi Aplikasi
  9. Dan masukkan kata sandi privasi yang sudah kamu atur sebelumnya untuk masuk ke menu Enkripsi Aplikasi
  10. Pilih aplikasi lalu tekan dan Aktifkan Verifikasi Kode Sandi, serta aktifkan juga Sembunyikan Ikon Layar Depan
  11. Setelah itu akan muncul Pesan pop-up pada layar HP Oppo yang meminta kamu untuk mengatur kode akses, kamu bisa mengakses aplikasi yang sudah kamu sembunyikan dengan menekan nomor akses tersebut
  12. Pilih Atur Kode Akses lalu buat nomor akses dengan diawali simbol #, lalu tetapkan angka nomor akses di belakangnya, dan diakhiri lagi dengan simbol #
  13. Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, maka kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi yang tadi kamu pilih
  14. Untuk bisa mengakses aplikasi yang sudah kamu sembunyikan, tekan menu Telepon pada HP kamu dan masukkan kode akses yang sudah kamu buat sebelumnya

 

Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Pastikan kamu jangan sampai lupa nomor akses yang sudah kamu buat ya karena nomor tersebut akan berfungsi untuk membuka aplikasi yang disembunyikan di HP Oppo kamu.

Nah, apabila kamu ingin menampilkan kembali aplikasi yang kamu sembunyikan, kamu bisa menonaktifkan Sembunyikan Ikon Layar Utama.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang kamu install pada HP Oppo kamu. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi seperti salah satunya yaitu Microsoft Launcher.

Microsoft Launcher adalah peluncur aplikasi untuk platform seluler Android yang dikembangkan oleh Microsoft dan dimaksudkan untuk memberikan integrasi yang lebih nyaman antara PC desktop Windows dan smartphone Android. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo dengan menggunakan Microsoft Launcher bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Download dan install aplikasi Microsoft Launcher melalui playstore pada HP OPPO kamu
  2. Setelah aplikasi Microsoft Launcher terpasang di HP Oppo kamu, buka menu utama di HP dan klik ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan atas
  3. Kemudian pilih Hidden Apps
  4. Selanjutnya klik tombol Hide apps yang berwarna biru
  5. Lalu pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan menekan tombol Hide
  6. Dan apabila kamu ingin menampilkan kembali aplikasi yang sudah kamu sembunyikan, maka kamu tinggal tekan tombol Unhide

Itulah beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Jadi dari kedua cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo diatas, mana yang menurutmu paling mudah?

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Dibekali Snapdragon 695, Oppo Reno 7A Resmi Meluncur