Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Desember 2021 | 10:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara share lokasi menggunakan fitur WhatsApp Live Location dengan mudah. Cocok untuk kamu yang ingin memantau atau membagikan lokasi kita ke orang lain.

Salah satu fitur yang ada yang cukup menarik untuk ke dipakai di dalam aplikasi chatting whatsapp ini adalah share lokasi live location. Fitur ini menawarkan agar kalian bisa membagikan lokasi terkini dengan durasi tertentu dan sesuai dengan posisi HP kalian saat ini.

Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kalian tengah berkendara agar teman chatting kalian bisa melihat perkembangan lokasi kalian secara bertahap tanpa harus menanyakan setiap saat.

Namun kalian bingung bagaimana cara share lokasi menggunakan fitur WhatsApp live location ini? Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Setiap orang yang tengah melakukan perjalanan biasanya tidak bisa selalu memegang HP, namun terkadang rekan kalian merasa khawatir.

Kalian bisa menutupi rasa khawatir mereka dengan mengirimkan lokasi kalian secara live atau langsung dan perpindahannya juga cukup akurat terjadi setiap saat jika kalian melakukan perubahan lokasi dengan surasi maksimal 8 jam namun pastikan kalian tetap terhubung dengan internet ya.

Bahkan fitur ini cocok bagi kalian yang tengah menjalin hubungan asmara loh.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Yuk kita simak berikut cara share lokasi menggunakan fitur WhatsApp live location:

  1. Pastikan kalian telah memiliki aplikasi WhatsApp di HP kalian
  2. Pastikan juga WhatsApp kalian telah login dengan menggunakan nomor HP kalian
  3. Selanjutnya buka ruang chat atau room chat dengan teman kalian secara chat pribadi atau chat group
  4. Kemudian kalian pilih menu dengan lambang icon "klip" yang berada di bagian bawah yang sejajar dengan icon camera dan voice note.
  5. Lalu pilihlah menu pilihan dengan icon "lokasi" dengan icon berwarna hijau
  6. Setelah itu di bagian tengah-tengah halaman akan tertera menu pilihan "berbagai lokasi terkini"
  7. Kemudian kalian akan dibawa untuk memilih durasi pembagian lokasi secara terkini, terdapat tiga pilihan durasi yakni 15 menit 1 jam dan 8 jam
  8. Kalian juga bisa menambahkan nama dari Sherlock live location tersebut pada kolom menu "Tambah Keterangan" namun kalian juga bisa mengunjungi kolam tersebut
  9. Langkah yang terakhir yakni kalian klik ikon panah menghadap ke kanan yang berwarna hijau di bagian kanan halaman atau berada di sebelah kolom "tambah keterangan"
  10. Shere loc live location telah terkirim
  11. Jika dirasa share lokasi tersebut sudah tidak dibutuhkan kalian juga bisa menghentikan secara manual dengan mengklik menu pilihan "berhenti berbagi" yang tercetak tebal berwarna merah.


Nah itulah cara share lokasi menggunakan fitur WhatsApp live location yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui lokasi rekan kalian secara bertahap dengan durasi tertentu. Cukup mudah dipahami bukan? Selamat mencoba.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya