Sabtu, 04 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Januari 2022 | 13:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat daftar halaman otomatis di Word yang akan meringankan pekerjaan kamu. Mudah dan cepat dalam membuatnya.

Daftar halaman atau Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian.

Daftar halaman merupakan hal penting dalam suatu dokumen oleh karena itu cara membuat daftar halaman otomatis di Word ini wajib kamu kuasai agar kamu bisa membuat daftar pustaka dengan lebih mudah dan cepat.

Daftar halaman biasanya berisi tentang nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit yang diletakkan pada bagian akhir sebuah dokumen Microsoft Word.

Dalam proses pembuatannya, daftar halaman harus sesuai dengan format yang berlaku dan tentu saja berbeda-beda berdasarkan jenis referensi yang digunakan sehingga apabila dilakukan secara manual pasti akan sangat merepotkan.

Dengan cara membuat daftar halaman otomatis di Word ini, kamu tidak perlu repot-repot mengetik secara manual dan mengatur format daftar halaman satu per satu.

Microsoft Word. (Microsoft)

Nah, simak langkah-langkah dibawah ini untuk cara membuat daftar halaman otomatis di Word:

  1. Buka dokumen dalam Microsoft Word yang ingin kamu buat daftar halaman otomatisnya
  2. Lalu cari kutipan yang ingin kamu buat daftar pustakanya
  3. Setelah menemukan kutipannya, arahkan kursor pada bagian akhir kalimat kutipan dan klik menu References
  4. Kemudian klik menu Insert Citation
  5. Dan pilih menu Add New Source
  6. Maka akan muncul dialog box untuk mengisi informasi sumber kutipan, isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan sumber kutipan kamu
  7. Setelah terisi semua klik OK
  8. Selanjutnya arahkan kursor ke halaman Daftar Pustaka di dokumen Word kamu, dan klik menu References
  9. Kemudian klik menu Bibliography
  10. Lalu pilih menu Insert Bibliography
  11. Setelah itu maka informasi sumber kutipan yang sudah kamu isi sebelumnya akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka kamu
  12. Selesai! Namun perlu diingat ya, apabila kamu ingin menambahkan sumber kutipan lain maka pastikan kamu juga melakukan update di halaman Daftar Pustaka dengan cara mengarahkan kursor ke Daftar Pustaka, lalu klik kanan dan pilih opsi Update Field

Itulah beberapa cara membuat daftar halaman otomatis di Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Cara Mematikan Autocorrect Word yang Lebih Sering Mengganggu