Sabtu, 03 Desember 2022
Agung Pratnyawan : Minggu, 30 Januari 2022 | 14:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dell resmi memperkenalkan Concept Nyx, sebuah inovasi baru yang ditawarkan bagi gamer dalam mendapatkan pengalaman gaming lebih luas bersama Alienware.

Saat ini salah satu masalah umum dan kerap membuat frustrasi gamer adalah "rebutan" jaringan Wi-Fi dengan gamer lain di satu tempat ketika sedang memainkan gim favorit.

Tantangan lainnya bagi para gamer yang biasa bermain gim di PC adalah kerja ekstra yang harus dilakukan untuk memindahkan tampilan dari layar monitor ke layar TV.  

Untuk menjawab semua masalah tersebut dan menghadirkan alternatif pengalaman bermain gim terbaik bagi para gamer, Dell memperkenalkan Concept Nyx.  

"Dell tidak pernah berhenti berinovasi dan kami selalu mencoba untuk berpikir jauh ke depan untuk memecahkan salah satu tantangan terbesar gamer, diantaranya ba gaimana caranya memungkinkan beberapa gamer di satu rumah bisa mengakses koleksi gim mereka dan memainkannya di perangkat apa pun di waktu yang bersamaan, serta bagaimana jika mereka ingin beralih dari satu layar ke layar lainnya selama memainkan gim tersebut?" kata Glen Robson, Chief Technology Officer, Client Solutions Group, Dell Technologies. 

"Tantangan yang tidak mudah, tapi Alienware sedang mengupayakan sebuah solusi baru yang akan mengubah total pengalaman bermain gim dengan Concept Nyx." lanjutnya.

Concept Nyx adalah sebuah proyek yang dikembangkan tim Experience Innovation Group (EIG), yaitu tim yang membidangi berbagai proyek-proyek R&D di Dell.

Alienware Concept Nyx. (Dell)

Solusi yang dikembangkan di Concept Nyx ini muncul menyusul sejumlah inisiatif inovatif Alienware yang telah mendobrak berbagai batasan dan meningkatkan pengalaman PC gaming - mulai dari menciptakan laptop gaming tert ipis dari Dell dengan Alienware X-Series hingga ide-ide gaming visioner dan berani seperti Concept UFO.  

Bayangkan seorang gamer sedang menjelajahi kota Night City di CyberPunk 2077 dari PC desktop di kamarnya. Sementara, teman-teman yang satu rumah dengannya sedangmemainkan gim Rocket League di ruang tamu di laptop dan tablet mereka. 

Dan sepupunya kebetula n sedang menginap dan sedang membangun dunia virtual Minecraft di ponselnya . Lalu tiba waktunya mempersiapkan makan malam, jadi si gamer turun ke bawah dan memberikan controller gim ke salah satu temannya dan memindahkan gim CyberPunk 2077 ke TV 65 inci di ruang tamu. Teman-temannya langsung melanjutkan sesi gim terakhir yang ia mainkan, sementara si gamer sibuk di dapur.  

Masa depan gaming seperti itu dimulai dari sekarang dengan Concept Nyx yang mengedepankan peran edge computing di dunia gaming, yaitu saat gim berkinerja tinggi bisa dimainkan di rumah dan secara bersama-sama dalam sebuah jaringan lokal. 

Karena prosesnya terjadi secara lokal (dibandingkan proses jarak jauh ke- dan dari server yang jauh dari lokasi bermain gim) maka potensi latensi bisa lebih rendah, bandwidth yang digunak an lebih besar, dan lebih responsif.

Ketiga hal tersebut pada dasarnya memecahkan beberapa kekurangan dari beragam alternatif yang ada saat ini, seperti cloud gaming

Artinya, dengan Concep t Nyx, potensi latensi multipemain bisa terjadi hanya dalam satu digit milidetik, sehingga bisa mengurangi berbagai lag yang dialami dari sistem cloud gaming modern yang ada saat ini secara dramatis.  

Alienware Concept Nyx. (Dell)

Tak berhenti di situ, Dell juga telah mencari cara untuk menjalankan empat gim secara bersamaan, yang dengan "cerdas" bisa dialihkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dan mengakses semua koleksi gim dari satu "perpustakaan" saja, tak peduli di mana pun si gamer membeli gim tersebut. 

ConceptNyx menargetkan pengalaman bermain gim semudah mengakses berbagai koleksi lagu, acara TV, dan film favorit. Bayangkan sebuah aplikasi sederhana yang di-instal di setiap perangkat bisa memberikan akses instan ke semua gim favorit untuk menikmati pe ngalaman bermain gim yang lebih mulus di semua perangkat yang ada di rumah. 

Anda tidak perlu lagi bertengkar dengan anggota kelu arga atau teman satu rumah untuk jatah waktu bermain gim akibat memperebutkan akses internet.  

Alienware suka tantangan! Bahkan Alienware sendiri tercipta untuk menjawab tantangan menciptakan pasar baru bagi PC gaming kelas premium, ketika produk tersebut belum ada saat itu.  

Dengan Concept Nyx, Alienware menawarkan sebuah ide visioner untuk membawa perubahan bagi industri gaming yang menarik bagi seluruh kalangan gamer.  

"Pengembangan Concept Nyx akan terus berlanjut dan setiap langkah dari proses yang berjalan ini bertujuan untuk menghadirkan manfaat/nilai tambah yang lebih baik lagi di produk-produk masa depan dan tentunya terus meningkatkan pengalaman pengguna," tutup Robson. 

BACA SELANJUTNYA

Dell Pro Webcam Hadirkan Fitur Cerdas dan Kualitas Gambar Profesional