Selasa, 09 Agustus 2022
Agung Pratnyawan : Senin, 31 Januari 2022 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - CEO Apple Tim Cook mengungkapkan kalau dirinya percaya ada banyak potensi dalam teknologi metaverse di masa depan.

Tak hanya itu, Tim Cook juga menyebut kalau Apple sudah mulai melakukan investasi di teknologi metaverse.

"Banyak potensi di ruang itu dan kami mulai berinvestasi di sana," kata Cook dalam laporan pendapatan perusahaan, dikutip dari Apple Insider, Minggu (30/1/2022).

Cook menambahkan bahwa Apple adalah perusahaan yang berbisnis di inovasi. Ia juga menjelaskan bahwa Apple memiliki lebih dari 14.000 aplikasi berbasis augmented reality (AR) di toko aplikasi App Store.

Tanggapan Cook soal aplikasi AR memang tidak mengejutkan. Sebab Apple sudah menghadirkan pengalaman AR lewat sensor LiDAR di iPad Pro hingga iPhone 12 Pro.

CEO Apple, Tim Cook mengenalkan Mac Pro 2019 di WWDC 2019. (Apple)

Metaverse sendiri adalah sebuah dunia virtual yang memungkinkan orang di dalamnya bisa melakukan berbagai aktivitas seperti pekerjaan, sosialisasi, hingga bermain game.

Istilah metaverse makin populer usai CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengubah nama perusahaan induk menjadi Meta tahun lalu.

Untuk masuk ke metaverse, pengguna memerlukan alat tambahan seperti headset virtual reality (VR). Nah beberapa bulan belakangan Apple dirumorkan sedang menggarap headset VR yang kemungkinan dirilis tahun 2022.

Komentar Cook ini memang tidak menyebutkan sama sekali istilah metaverse. Rumor mengatakan kalau metaverse adalah kata terlarang di Apple.

Itulah pernyataan Tim Cook kalau dirinya melihat potensi besar pada teknologi metaverse, bahkan Apple sudah mulai melirik hal ini. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Mark Zuckerberg Anggap Apple Sebagai Pesaing Berat dalam Membangun Metaverse