Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 02 Februari 2022 | 19:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ingin scan barcode tapi malas menginstall aplikasi tambahan pada perangkat kamu? Kalau begitu cara scan barcode tanpa aplikasi ini sangat cocok untuk kamu ya.

Karena melalui cara ini kamu bisa dengan mudah scan barcode hanya dengan mengandalkan browser seperti google chrome, mozilla firefox, opera dan sebagainya yang sudah pasti terinstall pada perangkat kamu.

Barcode atau  Kode batang adalah suatu kumpulan data optik berupa garis panjang dengan jarak dan ketebalan yang berbeda-beda yang bisa dibaca oleh mesin yang bernama barcode scanner.

Cara kerja barcode scanner yaitu dengan memindai kode lalu mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirimnya ke komputer dengan format data sederhana.

Keberadaan barcode pada suatu produk biasanya berisi tentang informasi dari produk tersebut seperti misalnya komposisi, kode produksi, tanggal produksi hingga tanggal kedaluwarsa.

Saat ini telah tersedia berbagai cara praktis dan mudah untuk scan barcode, salah satunya yaitu dengan cara scan barcode tanpa aplikasi melalui browser.

Melalui cara ini kamu tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan, kamu hanya perlu mengunjungi situs website yang menyediakan layanan untuk scan barcode. Dan situs website yang bisa kamu kunjungi melalui browser kamu adalah Pageloot.com.

Ilustrasi barcode. (Pixabay)

Pageloot.com merupakan situs yang menyediakan layanan untuk memindai atau scan barcode dengan cepat dan mudah secara gratis. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk scan barcode :

  • Buka browser pada perangkat yang kamu gunakan
  • Kemudian ketikan alamat URL Pageloot.com, dan klik ok atau enter
  • Selanjutnya halaman situs tersebut terbuka, maka situs tersebut akan meminta izin untuk mengakses kamera pada perangkat yang digunakan. Kamu tinggal klik Setuju atau Ok
  • Apabila situs tersebut sudah mendapatkan izin akses, arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan. Atau kamu juga bisa mengupload file gambar barcode secara manual di bagian fitur upload image
  • Setelah barcode berhasil di scan, maka fitur ini akan langsung menampilkan hasil dari scanning tersebut
  • Selesai!

Itulah cara scan barcode tanpa aplikasi yang bisa kamu coba tanpa harus repot-repot menginstall aplikasi tambahan yang bisa memakan memori perangkat kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia