Kamis, 29 September 2022
Agung Pratnyawan : Sabtu, 12 Februari 2022 | 18:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dlaporkan 9to5Google dan The Verge, Google secara resmi menamai Android 13 dengan makanan khas Italia, Tiramisu. Akankah kembali ke tradisi memakai nama makanan manis ke sistem operasi mobile ini?

Menurut laporan terbaru, pemberian nama Android Tiramisu untuk sistem operasi Android terbaru ini diungkap dalam acara preview Android 13 untuk para developer.

Meski demikian ini bukan kejutan, karena rumor penggunaan nama Tiramisu untuk Android 13 sendiri sudah berembus sejak Juli 2021 lalu.

Menariknya, Google rupanya kembali ke tradisi lama untuk menamai sistem operasi Android dengan dengan nama makanan pencuci mulut atau makanan manis setelah kebiasaan ini berhenti pada 2019, saat Android 10 diluncurkan.

Meski demikian, di internal Google sendiri, nama-nama manisan untuk sistem operasi Android masih digunakan secara informal. Android 10 punya nama alias Quince Tart, Android 11 dijuluki Red Velvet Cake dan Snow Cone adalah nama untuk Android 12.

Ilustrasi Tiramisu. (Pixabay)

Adapun Android 13 yang masih dikembangkan ini disebut-sebut masih fokus pada soal privasi dan keamanan. Salah satu yang jadi sorotan adalah fitur Photo Picker.

Dengan teknologi ini pengguna ponsel Android kelak bisa membagi foto dengan aplikasi tanpa harus mengizinkan aplikasi tersebut mengakses seluruh foto di dalam gawai.

Selain itu Google juga memberikan banyak kemudahan untuk para developer dalam mengembangkan aplikasi di Android 13. Misalnya memberikan kemudahan aplikasi untuk perangkat dengan layar lebih besar di tengah tren ponsel lipat.

Android Tiramisu juga meningkatkan manfaatkan Google Play, sehingga bisa dioptimalkan oleh para developer untuk menyalurkan pembaruan dan fitur-fitur baru melalui toko aplikasi tersebut.

Kita nantikan saja sampai Google mengungkap versi publik dari sistem operasi Android 13 ini nanti. Apakah diberi nama Android Tiramisu? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Kop Surat dengan Google Docs, Mudah Banget