Jum'at, 19 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 15 Februari 2022 | 13:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam studi terbaru, TikTok dan YouTube menjadi dua aplikasi yang paling sering mengumpulkan data pengguna jika dibandingkan dengan deretan aplikasi media sosial lainnya.

Studi mengenai aplikasi TikTok dan YouTube ini diungkap oleh sebuah perusahaan pemasaran seluler URL Genius beberapa waktu yang lalu.

Dilansir dari CNBC, dalam riset tersebut diungkap bahwa YouTube mengumpulkan data pengguna yang cukup banyak untuk kepentingan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk melacak riwayat penelusuran untuk iklan yang relevan.

Di sisi lain, aplikasi TikTok juga kerap mengumpulkan data pengguna seperti informasi lokasi, informasi pribadi hingga sejumlah aplikasi pihak ketiga lainnya. Bahkan informasi ini tetap bisa diambil walaupun pengguna keluar dari aplikasi tersebut.

Penelitian mengenai aplikasi TikTok dan YouTube yang paling sering kumpulkan data pengguna ini menggunakan fitur App Activity Recording yang ada di sistem operasi iOS.

Ilustrasi YouTube. (Unsplash/ NordWood Themes)

Untuk penelitian ini dilakukan pemantauan pada sejumlah aplikasi seperti TikTok, YouTube, Twitter, Telegram, LinkedIn, Facebook, Snapchat hingga WhatsApp. Hasilnya, TikTok dan YouTube berhasil membuat 14 alamat berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Pada penelitian ini, 10 pelacak YouTube termasuk pada aplikasi. Sedangkan TikTok memiliki 13 dari 14 pelacak yang berbagi data dengan pihak ketiga yang berarti informasi ini terbagi ke pihak lain di luar TikTok.

Masih belum diketahui dengan pasti mengenai langkah apa yang diambil oleh aplikasi TikTok dan YouTube terkait tudingan aplikasi yang paling sering kumpulkan data pengguna.

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan