Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 27 Februari 2022 | 13:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meski termasuk brand atau merek yang sangat muda, Realme memperoleh pangsa pasar cukup bersaing. Firma riset teknologi, Strategy Analytics, mengungkap bahwa Realme merupakan merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Eropa.

Merek China tersebut menempati peringkat teratas sepanjang 2021 dalam hal pertumbuhan, meskipun baru masuk ke benua itu pada tahun 2019.

Berdasarkan data dari Strategy Analytics, pengiriman smartphone Realme pada kuartal keempat 2021 tumbuh sebesar 500 persen.

Jika dilihat berdasarkan catatan pengiriman selama setahun penuh (sepanjang 2021), pertumbuhannya bahkan menyentuh 548 persen.

Sebagai perbandingan, merek smartphone China lainnya seperti Xiaomi dan Oppo hanya tumbuh sebesar 33 persen dan 77 persen.

Pangsa pasar dan pertumbuhan market smartphone di Eropa. (Strategy Analytics)

Terdapat perbedaan tipis pada beberapa wilayah Eropa. Pengiriman smartphone Realme tumbuh 643 persen secara YoY di Eropa Tengah dan Timur. Pengiriman Realme juga tumbuh 416 persen sepanjang 2021 di Eropa Barat.

Dikutip dari Gizmochina, lima merek dengan pangsa pasar tertinggi di Eropa sepanjang 2021 adalah Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Realme.

Di Eropa Barat, Realme naik dari posisi ke-13 di Q4 2020 menjadi posisi ke-5 di Q4 2021. Demikian pula di Eropa Tengah dan Timur, Realme naik dari posisi ke-13 di Q4 2020 menjadi posisi ke-4 di Q4 2021.

Strategy Analytics mengungkap bahwa strategi pemasaran yang tepat, portofolio produk beragam, spesifikasi produk yang kompetitif, dan penetapan harga agresif merupakan kekuatan pendorong di balik pencapaian pertumbuhan pesat Realme.

Dua HP baru Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus. (HiTekno.com)

Samsung merupakan merek smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Eropa. Meski angka pangsa pasar menyentuh 29 persen, namun pertumbuhan pengiriman justru turun di angka -1 persen secara YoY.

Ini termasuk alarm bagi Samsung mengingat dua merek di bawahnya yaitu Apple dan Xiaomi mengalami pertumbuhan pengiriman di angka dua digit.

Kinerja Realme dalam hal pangsa pasar juga patut diacungi jempol. Realme mampu meraih pangsa pasar sebesar 3 persen, di mana mereka hanya berselisih sedikit dari sang saudara kandung yaitu Oppo di angka 5 persen.

BACA SELANJUTNYA

Ulang Tahun Realme Community ke-5, Diramaikan Kumpul Komunitas dan Turnamen Esports