Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 Maret 2022 | 14:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu sedang mencari informasi tentang perbandingan Samsung Galaxy S21 Plus 5G vs Samsung Galaxy S22 Plus 5G, maka kamu sedang berada pada halaman yang tepat. Dua HP flagship yang jadi andalan Samsung.

Bukan hanya versi dasar dan versi Ultra, versi Plus dari dua produk tersebut juga kerap dicari perbandingannya.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan perbandingan Samsung Galaxy S21 Plus 5G vs Samsung Galaxy S22 Plus 5G, berikut ini adalah perinciannya.

Desain dan layar

Jika kamu mengharapkan visual yang jelas untuk membedakan antara Samsung Galaxy S22 Plus 5G dan Samsung Galaxy S21 Plus 5G, kamu mungkin akan kecewa. 

Sebab baik Samsung Galaxy S21 Plus 5G maupun Samsung Galaxy S22 Plus 5G punya desain yang 99 persen serupa, keduanya sama-sama memberikan tampilan tepi-ke-tepi yang serupa dengan bezel hampir tanpa bingkai di sekitar tepinya dan kamera berlubang tunggal di bagian tengah atasnya. 

Ini terus terlihat tajam dan terkesan modern dengan tonjolan kamera belakang tipis di bahu smartphone. Kedua HP ini juga memiliki bagian belakang kaca yang memuaskan.

Namun soal ukuran, kamu akan mendapat titik cerah soal perbedaannya.

Samsung Galaxy S21 Plus 5G vs Samsung Galaxy S22 Plus 5G. (HiTekno.com)

Samsung Galaxy S22 Plus 5G memiliki ukuran layar 6,6 inci, ini lebih kecil dari ukuran layar 6,7 inci yang disematkan pada Samsung Galaxy S21 Plus. 

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki kerapatan layar 394 PPI & Samsung Galaxy S22 Plus 5G hanya memiliki kerapatan layar 390 PPI. 

Dalam hal rasio layar terhadap bodi, Samsung Galaxy S22 Plus 5G memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih baik ~89,6% dibandingkan Samsung Galaxy S21 Plus ~ 88,3%.

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki aspek rasio 20:9 sedangkan Samsung Galaxy S22 Plus 5G memiliki rasio aspek 19,5:9.

Spesifikasi dan Performa

Performa HP flagship adalah salah satu area di mana Samsung Galaxy S22 Plus 5G menawarkan peningkatan yang jelas dari pendahulunya.

Samsung Galaxy S21 Plus hadir dengan Qualcomm Snapdragon 888 yang kuat, sedangkan Samsung Galaxy S22 Plus melangkah lebih jauh dan menampung Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang baru.

Apa yang dibawa Samsung Galaxy S22 tersebut yang sejauh ini merupakan chip kedua yang menggunakan proses manufaktur 4nm. 

Karena lebih kecil, mereka dapat memuat lebih banyak transistor ke dalam jumlah ruang yang sama, menawarkan lebih banyak daya daripada Snapdragon 888 berbasis 5nm.

Varian warna Samsung Galaxy S22 Plus. (Samsung)

Namun, dengan masing-masing RAM 8GB, kamu tidak akan melihat perbedaan besar antara keduanya.

Sebab Samsung Galaxy S21 Plus masih lebih dari mampu diandalkan ketika digunakan untuk memainkan game terbaru.

Kedua HP ini juga dikirimkan dengan memori internal 128GB dalam versi standar, dan dapat dimiliki dengan penyimpanan 256GB untuk uang tambahan.

Keduanya tidak memiliki slot kartu microSD, jadi jangan terlalu tergila-gila dengan kamera.

Kamera dan baterai

Kamera Belakang Triple Samsung Galaxy S22 Plus 5G 50 MP + 12 MP + 10 MP mengungguli Kamera Belakang Triple 64 MP + 12 MP + 12 MP Samsung Galaxy S21 Plus dalam hal resolusi. 

Meski demikian keduanya sama dalam hal Resolusi Kamera Depan karena baik Samsung Galaxy S22 Plus ataupun Samsung Galaxy S21 Plus memiliki Kamera Depan 10 MP.

Soal kapasitas baterai, ada beberapa informasi yang perlu kamu tahu karena membandingkan keduanya cukup rumit.

Pre-order Samsung Galaxy S21 Plus 5G. (Samsung)

Samsung Galaxy S22 Plus memiliki baterai yang lebih kecil, 4.500mAh, namun juga memiliki layar yang lebih kecil, yang menyiratkan bahwa ia menghasilkan lebih sedikit energi dalam penggunaannya.

Jadi meskipun S21 Plus membawa sel 4.800mAh, keduanya akan bertahan dalam jumlah waktu yang kira-kira sama, yang dalam kasus S21 Plus adalah sekitar satu hari penggunaan yang berat.

Itulah perbandingan Samsung Galaxy S21 Plus 5G vs Samsung Galaxy S22 Plus 5G. Dua HP flagship yang jadi andalan Samsung. Pilih mana?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Samsung Hadirkan Aplikasi Try Galaxy, Bisa Nyobain Fitur HP Flagship