Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 04 Maret 2022 | 15:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nokia resmi mengumumkan kalau perusahaannya terpilih sebagai vendor utama dalam perluasan jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

Indosat Ooredoo Hutchison memilih Nokia tidak hanya dalam perluasan jaringan 4G saja, namun juga untuk jaringan 5G mereka.

Penunjukkan ini dituangkan dalam bentuk kesepakatan kerjasama selama 3 tahun. Kesepakatan komperhensif ini meliputi beberapa solusi dari Nokia seperti AirScale Portfolio terbaru, yang akan mencakup area seluas 1,4 juta kilometer persegi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Jawa Tengah dan Kota Surabaya.

Dengan adanya kerjasama ini akan mendukung visi Indosat Ooredoo Hutchison sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar, meningkatkan kecepatan data serta pengalaman pelanggan dan juga sekaligus menyiapkan pengembangan awal jaringan 5G. Peluncuran ini diharapkan dapat dimulai pada bulan Maret ini.

Nokia akan menyediakan peralatan dari portofolio ReefShark-powered AirScale terbaru, termasuk BTS dan 5G Single Ran untuk cakupan layanan premium indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan).

Layanan konsolidasi dari Nokia ini akan memastikan integrasi yang lancar untuk penggabungan spektrum yang dimiliki IOH ke dalam satu jaringan, serta memastikan dampak minimal bagi para pelanggan.

Dengan teknologi Nokia, Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat dengan cepat dan mudah melakukan upgrade ke layanan 5G dari jarak jauh dengan software update atau dengan plug-in card.

Solusi AirScale Nokia yang hemat energi, juga akan memungkinkan bagi IOH untuk menekan biaya seminimal mungkin sekaligus juga meningkatkan kualitas layanan.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan "Kami bangga dapat bekerjasama dengan mitra lama kami Nokia dalam proyek penting untuk mengkonsolidasikan dan memperluas jaringan kami guna pemanfaatan sumber daya secara optimal sekaligus juga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kelas dunia bagi para pelanggan kami. Solusi 5G-ready dan industry-leading dari Nokia akan membantu kami dalam memaksimalkan pemanfaatan aset, mengoptimalkan investasi kami di masa depan dan meningkatkan kinerja jaringan."

Tommi Uitto, President of Mobile Networks Nokia, mengatakan: "Kami berharap dapat mendukung Indosat Ooredoo Hutchison dalam inisiatif penting ini untuk memperluas cakupan jangkauannya dan mempersiapkan jaringan untuk lebih banyak layanan 5G yang inovatif dalam waktu dekat. Portofolio AirScale 5G-ready dari Nokia akan membantu Indosat Ooredoo Hutchison untuk meluncurkan layanan generasi berikutnya sekaligus membantu menurunkan biaya operasionalnya."

BACA SELANJUTNYA

Ikuti Oppo, One Plus dan Vivo, Realme akan Angkat Kaki dari Jerman?