Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 11 Maret 2022 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara mengganti nomor WhatsApp sebenarnya sangatlah mudah. Fitur mengganti nomor WhatsApp ini memang belum banyak diketahui. Ikuti tutorial WhatsApp yang sudah dirangkum tim HiTekno.com.

Beberapa pengguna mungkin harus mengubah nomor WhatsApp karena suatu alasan. Dengan fitur ini, kamu bisa sewaktu-waktu mengubah nomor WhatsApp menggunakan nomor baru.

Menurut laman resmi WhatsApp, fitur mengganti nomor ini tak akan mengganti akun pengguna yang lama. Informasi akun, termasuk profil pengguna, grup, chat, serta setelan preferensi pengguna tak akan berubah.

WhatsApp menyampaikan fitur mengganti nomor memungkinkan pengguna membarui nomor telepon yang diasosiasikan dengan akun WhatsApp.

Fitur ini dapat digunakan di smartphone lama maupun baru. Sebelum mengganti nomor WhatsApp, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Pastikan nomor HP baru kamu dapat menerima SMS dan telepon
  • Pastikan nomor HP lama masih terverifikasi di WhatsApp smartphone kamu.

Jika sudah, kamu bisa mengganti nomor WhatsApp dengan yang baru. Berikut tutorial cara mengganti nomor WhatsApp yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Cara Mengganti Nomor WhatsApp di HP Lama

Jika kamu mengganti nomor dan tetap menggunakan smartphone yang sama, terlebih dahulu masukkan kartu SIM dengan nomor yang baru ke smartphone kamu.

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Akun > Ganti nomor > Lanjut.
  • Masukkan nomor telepon lama di bidang pertama dan nomor telepon baru di bidang kedua. Harap pastikan bahwa nomor lama dan nomor baru dalam format internasional lengkap.
  • Ketuk LANJUT.
    Catatan: Jika kamu menyalakan "Beri Tahu Kontak", kamu dapat memilih apakah kamu ingin memberitahukan semua kontak, kontak yang berada di daftar chat saya, atau khusus. Jika kamu memilih khusus, kamu perlu mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu mengetuk tanda centang.
  • Ketuk Selesai.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp di HP Baru

Jika kamu ingin mentransfer riwayat chat, kamu perlu membuat cadangan Google Drive pada HP yang lama. Jika tidak membuat cadangan menggunakan Google Drive, kamu perlu mentransfer cadangan secara manual.

Disarankan untuk mengganti nomor WhatsApp di HP lama terlebih dahulu.  Setelah itu lakukan cara di bawah ini:

  • Pasang WhatsApp pada telepon baru.
  • Daftarkan nomor telepon yang baru.
  • Pulihkan cadangan.

Itulah cara mengganti nomor WhatsApp tanpa mengubah akun yang lama. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Menemukan File Hasil Download di Android Tanpa Ribet