Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Maret 2022 | 17:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tambah lagi perusahaan teknologi yang melakukan pemblokiran ke Rusia usai invasi ke Ukraina. Kali ini Google resmi mengumumkan telah menangguhkan sementara layanan pembayaran mereka di negara tersebut.

Dilaporkan Suara.com, Google menangguhkan layanan pembayaran aplikasi Play Store dan YouTube di Rusia.

"Sebagai tindak lanjut, kami sekarang memperpanjang pembatasan ini ke semua fitur monetisasi kami, termasuk YouTube Premium, Channel Memberships, Super Chat, dan Merchandise, untuk semua pengguna di Rusia," kata YouTube, dikutip dari Gadgets360, Minggu (13/3/2022).

Namun, channel YouTube di Rusia masih bisa memperoleh pendapatan dari penonton di luar Rusia melalui adsense dan fitur berbayar seperti Super Chat dan penjualan merchandise.

Google juga masih menyediakan aplikasi gratis yang bisa diunduh di toko aplikasi Play Store.

Aplikasi Google Play Store. (HiTekno.com)

Sebelumnya, Google telah menghukum Rusia dengan berhenti menampilkan iklan hingga memblokir aplikasi Russia Today (RT) dan Sputnik, media pemerintah Rusia, dari Play Store.

Sama dengan Google, Apple juga memblokir RT News dan Sputnik dari App Store untuk pengguna di luar negara Rusia.

Kebijakan ini berangkat dari arahan Komisi Eropa, di mana mereka menyerukan larangan terhadap media Rusia karena dapat menyebarkan misinformasi terkait perang di Ukraina.

Sampai kapan Google blokir layanan pembayaran Play Store dan YouTube dari Rusia belum diketahui. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT