Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Maret 2022 | 19:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara backup WhatsApp iPhone dan iPad dengan mudah. Ikuti tutorial WhatsApp yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Bagi kalian para pengguna iPhone maupun iPad yang menggunakan aplikasi WhatsApp kalian juga bisa membackup chat, video, foto, maupun dokumen dengan aman menggunakan Google Drive maupun iCloud.

Tapi kalian bingung, bagaimana cara backup WhatsApp iPhone via Google Drive dan iCloud ini? Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial WhatsApp untuk melakukannya.

Terdapat berbagai pilihan bagi kalian yang ingin menyimpan atau membackup WhatsApp di iPhone dan iPad, bahkan bagi kalian yang ingin praktis dalam melakukan penyimpanan instan kalian bisa mengaktifkan mode otomatis.

Maka WhatsApp bisa melakukan back up per harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu kalian juga bisa menyimpan dokumen, video, maupun foto secara bersamaan.

Yuk kita simak ini dia cara backup WhatsApp iPhone dan iPad via Google Drive dan iCloud yang dirangkum tim HiTekno.com:

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Cara backup WhatsApp iPhone dan iPad via Google Drive

Namun pastikan sebelumnya iPhone maupun iPad kalian telah terhubung dengan akun Gmail yang aktif. Kelebihan lainnya jika kalian backup menggunakan Google Drive maka kalian bisa mengaktifkan enkripsi end-to-end dimana pihak ketiga tidak bisa melihat isi WhatsApp kalian.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP kalian
  2. Kemudian pilih dan klik ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas
  3. Lalu pilihlah menu "Setelan"
  4. Kemudian pilihlah sub menu "Chat" > "Cadangan Chat" > "Cadangkan ke Google Drive"
  5. Kalian bisa memilih pencadangan secara otomatis maupun kalian bisa melakukan pekerjaan dengan secara manual pilih sesuai dengan keinginan kalian, jika kalian ingin melakukan pencernaan secara manual maka pilihlah menu "Jangan pernah"
  6. Kalau pindah akun Google yang digunakan untuk mencadangkan riwayat chat WhatsApp kalian
  7. Pilih dan klik menu "Cadangkan melalui" pada jaringan ini kalian akan memilih mencadangkan ketika terhubung ketika terhubung dengan wi-fi maupun ketika menggunakan data seluler

Cara backup WhatsApp iPhone dan iPad via iCloud

Kekurangan ketika kalian membackup menggunakan iCloud maka data WhatsApp kalian tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end, namun kalian tetap bisa menggunakan fitur lainnya seperti pemulihan pesan yang telah terhapus dan riwayat chat akan tersimpan dengan rapi di server iCloud.

Selain itu pastikan iPhone kalian telah menggunakan iOS 10 sebelum backup WhatsApp.

  1. Bukan aplikasi WhatsApp yang ada di iPhone maupun iPad kalian
  2. Kemudian masuk ke ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas
  3. Kemudian masuk ke menu "Setelan" > "Chat" > "Chat Backup"
  4. Kalian direkomendasikan untuk mengaktifkan atau pencadangan secara otomatis kalian bisa pilih menu "Auto Backup" jika kalian ingin melakukan pencadangan atau pembengkakan secara manual kalian bisa memilih menu "Back Up Now".


Nah itulah cara backup WhatsApp iPhone dan iPad via Google Drive dan iCloud yang bisa kalian lakukan untuk menyimpan dokumen, foto, dan video yang ada di WhatsApp secara aman anti ribet.

Gunakan cara backup WhatsApp iPhone dan iPad dengan baik melalui Google Drive atau iCloud. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas. 

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

WhatsApp Disinyalir akan Siapkan Fitur Multi Akun untuk Satu Perangkat, Sedap Betul!