Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 24 Maret 2022 | 16:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Rumus VLOOKUP Excel digunakan untuk mencari data tertentu secara vertical atau menurun ke bawah. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Excel untuk kamu.

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang sering digunakan untuk mengolah data melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, hingga manajemen data.

Oleh karena itu dalam menjalankan program Excel ada berbagai macam rumus Excel yang harus kamu kuasai agar mempermudah kamu dalam menyelesaikan pekerjaan, dan salah satu rumus yang harus kamu kuasai adalah rumus VLOOKUP.

Bentuk penulisan rumus VLOOKUP yaitu =VLOOKUP(NilaiYangDiCari, TabelReferensi, NomorKolom, [RangeLookup]). NilaiYangDiCari merupakan nilai yang ingin kamu cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi.

TabelReferensi adalah sebuah tabel referensi data dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.

NomorKolom merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan diambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama. RangeLookup diisi dengan nilai logika TRUE atau FALSE yang menujukkan tipe pencarian.

Nilai logika TRUE akan menemukan NilaiYangDiCari pada TabelReferensi pencarian dengan hasil yang mendekati. Sedangkan nilai logika FALSE akan menemukan NilaiYangDiCari pada TabelReferensi pencarian yang sama persis, jadi apabila tidak ditemukan nilai kecocokan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error berupa tanda #NA!.

Microsoft Excel. (Microsoft)

Nah untuk menerapkan rumus VLOOKUP Excel, maka kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah tutorial Microsoft Excel di bawah ini :

  1. Untuk menerapakan contoh rumus =VLOOKUP(C9;A2:E7;2;FALSE), kamu perlu menulis rumus tersebut pada cell excel kamu.
  2. Fungsi Vlookup diatas adalah untuk mencari nilai dari cel C9 (3) pada kolom Nomor. Angka 3 ditemukan pada baris ke-4 dari tabel data A2:E7. dan hasilnya adalah nilai sel yang sebaris pada kolom ke 2.
  3. Apabila RangeLookup diatur "False" dan data yang dicari tidak ditemukan maka fungsi Vlookup excel akan menghasilkan nilai error #NA.

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan rumus VLOOKUP Excel pada dokumen kamu agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel! 

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Excel: Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar