Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 07 April 2022 | 16:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagaimana cara menggunakan Google Maps secara Offline yang sangat berguna. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Google Maps untuk melakukannya.

Google Maps jadi salah satu aplikasi yang sering digunakan, khususnya bagi kamu yang sering berpergian. Untuk menjalankan Google Maps kamu memerlukan jaringan internet.

Namun tidak menutup kemungkinan tidak semua kondisi jaringan internet baik. Lantas bagaimana saat menggunakan Google Maps namun jaringan buruk?

Beruntung, Google Maps menyediakan fitur offline yang berguna saat kondisi jaringan buruk. Fitur offline ini relatif lebih cepat karena tidak membutuhkan transfer data saat melacak suatu lokasi atau mengestimasikan jarak.

Manfaatkan tutorial cara menggunakan Google Maps secara offline juga cukup mudah dan sederhana berikut ini. Bagaimana tutorial Google Maps bisa digunakan secara offline.

Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir apabila internet kamu bermasalah, atau kuota tiba-tiba habis saat tengah mencari lokasi dan melakukan navigasi.

Berikut cara menggunakan Google Maps Google Maps secara offline yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Jake Davies)

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Sebelum menggunakan Google Maps secara offline, kamu perlu terlebih dahulu men-download peta atau wilayah yang ingin kamu lalui.

  • Buka aplikasi Google Maps secara online
  • Klik ikon foto profil di bagian kanan atas
  • Klik menu Offline Maps
  • Aplikasi akan memberikan rekomendasi wilayah peta yang bisa kamu unduh. Atau kamu juga bisa memilih wilayah lain yang ingin kamu download
  • Jika kamu ingin memilih wilayah sendiri, kamu tinggal menentukan besaran map yang ingin kamu download. Di bagian bawah akan terlihat besaran penyimpanan yang dibutuhkan
  • Setelah selesai menentukan, langsung klik Download
  • Tunggu proses download petanya sampai selesai
  • Selesai! Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps seperti biasa tanpa perlu menyalakan jaringan internet

Catatan: Apabila kamu dalam kondisi offline, kamu tidak akan bisa mencari lokasi di luar wilayah peta yang sudah diunduh.

Itulah cara menggunakan Google Maps secara offline yang bisa kamu coba di HP Android maupun iOS. Selamat mencoba, semoga cara diatas membantu perjalanan kamu. Selamat mencoba tutorial Google Maps di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Lacak Lokasi Pasangan Pakai Google Maps, Kekasih Posesif Wajib Tahu